Pengertian Hukum Menurut Leon Duguit

7314 views

Pengertian Hukum Menurut Leon Duguit, Ahli Hukum Dari Perancis

Pengertian hukum menurut Leon Duguit adalah semua aturan tentang tingkah laku anggota masyarakat, di mana aturan dengan daya penggunaannya disaat tertentu dipatuhi oleh setiap anggota masyarakat yang merupakan bentuk jaminan dari sebuah kepentingan bersama kepada orang yang telah melakukan pelanggaran. Maksud hukum menurut Leon Duguit ini tak lain untuk menegaskan bahwa negara tak bisa menciptakan sebuah hukum yang semata-mata hanya berdasar pada kedaulatannya saja yang tentunya hanya terbatas pada hak-hak asasi setiap warga negara.

pengertian hukum menurut leon duguit

Pengertian hukum menurut Leon Duguit juga berarti bahwa hukum tentunya harus lebih mengutamakan kepentingan bersama atau Public Service. Leon Duguit merupakan seorang ahli hukum yang lahir di Lebourne, Perancis pada tanggal 4 Februari 1859. Ahli hukum berkebangsaan Perancis ini tak lain adalah seorang sarjana hukum tata negara di negara asalnya, yaitu Perancis. Leon Duguit ini juga seorang ahli yang telah mendefinisikan sebuah filosofi mengenai hukum alam. Definisi hukum menurut Leon Duguit ini mampu memberikan pemahaman tentang hukum pada setiap warga negara di dunia.

Menurut Duguit sendiri, sebuah negara ibarat badan swasta yang harus benar-benar mementingkan setiap kelompok atau masyarakatnya. Duguit sebagai seorang ahli hukum sendiri mempelajari ilmu hukum di Universtas Bordeaux. Di tahun 1883 Duguit diangkat menjadi profesor tepatnya di fakultas Hukum Caen. Tiga tahun kemudian, Duguit kembali lagi menjadi guru besar di Universitas Bordeaux, bahkan sampai menjelang kematiannya Duguit menjadi seorang dekan di Fakultas Hukum. Karena keahliannya dibidang hukum inilah Duguit mampu mendefinisikan pengertian hukum menurut Leon Duguit sendiri hingga diakui di seluruh dunia.

Leon Duguit sendiri meninggal di Bordeaux pada tanggal 18 Agustus 1928. Meskipun ia kini sudah tiada, namun karya-karya Leon Duguit masih tetap melekat di hati masyarakat dunia. Bahkan karyanya tetap memiliki kontribusi yang penting dalam pemikiran hukum sampai saat ini. Pengertian hukum menurut Leon Duguit sendiri dituangkan dengan rinci melalui hasil karyanya dalam buku yang berjudul Traite de droit constitutnnel vo. 5 (1921-1925).