Pengertian Hukum Menurut Beberapa Ahli

811 views

Pengertian Hukum Menurut Beberapa Ahli di Dunia

Hukum merupakan ketentuan-ketentuan terhadap peraturan hidup bermasyarakat dalam sebuah negara. Pengertian hukum menurut beberapa ahli banyak menjadi acuan pembelajaran mengenai hukum. Adapun hukum itu sendiri bertujuan untuk mengendalikan, mengikat, dan mencegah masyarakat terhadap segala sesuatu yang tidak diharapkan yang merugikan dirinya sendiri, orang lain bahkan negara. Dapat disimpulkan bahwa hukum merupakan peraturan yang sifatnya mengikat untuk sebagian masyarakat maupun keseluruhan anggota masyarakat.

pengertian hukum menurut beberapa ahli

Pengertian hukum menurut beberapa ahli pun berbeda-beda, setiap tokoh memiliki pendapatnya sendiri-sendiri mengenai hukum. Adapun pengertian hukum menurut para ahli adalah sebagai berikut:

  • Menurut Thomas Aquinas

Thomas Aquinas berpendapat bahwa hukum itu bersumber dari Tuhan Yang Maha Esa, oleh karena itu hukum harus dipatuhi dan jangan dilanggar.

  • Menurut Mr.E.M. Mayers

Hukum adalah segala macam aturan dengan cakupan pertimbangan kesusilaan, yang dilihat dari tingkah laku kehidupan manusia dalam berkelompok atau bermasyarakat.

  • Menurut Austin

Hukum adalah peraturan-peraturan yang tujuannya membimbing semua makhluk berakal dan dibuat oleh makhluk berakal lainnya yang berkuasa terhadapnya.

  • Menurut Plato

Hukum adalah sebuah sistem peraturan yang tersusun dan teratur dengan baik dengan tujuan mengikat masyarakat.

  • Menurut Bellfoid

Hukum adalah aturan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mengatur segala macam tata tertib berdasarkan kekuasaan yang terdapat pada diri masyarakat itu sendiri.

Pengertian hukum menurut beberapa ahli di atas, tentunya memiliki dasar yang sama hanya saja pengembangannya yang berbeda.