Pengertian Hukum Mendel I dan II

4596 views

Pengertian Hukum Mendel I dan II – Tentang Ilmu Genetika

Masih ingatkah kita dengan pelajaran Biologi yang mengajarkan mengenai persilangan antar tumbuhan, di mana persilangan ini memiliki hukumnya sendiri yang bernama hukum Mendel I dan II. Pengertian hukum Mendel I dan II bisa didefinisikan dari eksperimen yang telah dilakukan oleh penemunya yaitu Gregor Johar Mendell yang menemukan teori mengenai persilangan antar tumbuhan ini. Dari eksperimen yang telah dilakukan olehnya tersebut, maka lahirlah hukum Mendel I dan II yang memiliki perbedaan di antara keduanya. Berikut akan dijelaskan mengenai hukum Mendell I dan II sebagai informasi pengetahuan kita.

pengertian hukum mendel I dan II

Hukum Mendel I dan II ini berkaitan dengan genetika pada makhluk hidup. Mendell melakukan eksperimen mengenai pewarisan sifat atau biasa disebut genetika. Eksperimen yang dilakukan oleh Mendell menjadikannya sebagai bapak genetika. Ia melakukan eksperimen pada tumbuhan yaitu tumbuhan kacang kapri di mana ia melakukan percobaan persilangan pada tumbuhan tersebut. Dari hasil eksperimennya maka muncul teori Mendell I dan II.

Pengertian hukum Mendel I dan II ini memiliki perbedaan. Di mana hukum Mendel I lebih menekankan pada hasil perkawinan persilangan monohybrid atau dengan satu sifat yang berbeda. Sedangkan pada hukum Mendel II menekankan pada hasil perkawinan silang dihibrida atau dengan dua sifat yang berbeda. Dari hasil percobaan tersebut Mendell mendapatkan hasil yang menakjubkan dari perkawinan silang yang dilakukannya. Tumbuhan tersebut memiliki sifat yang tidak dimiliki sebelumnya sehingga bisa menjadi sebuah varietas unggul.

Dengan mengetahui pengertian hukum Mendel I dan II dapat menjadikan kita menjadi lebih bersyukur akan ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, bahwa Tuhan menciptakan gen pada setiap makhluk hidup yang akan sifat dari gen tersebut bisa diturunkan. Maha Besar Tuhan dengan segala ciptaan-Nya.