Pengertian Hukum Material

2029 views

Pengertian Hukum Material: Penting Anda Ketahui!

Hukum merupakan sebuah kumpulan peraturan-peraturan yang mengikat setiap individu dan mewajibkannya untuk tunduk dan diberi sanksi apabila melakukan pelanggaran. Hukum sendiri sangat banyak macamnya, ada hukum pidana, perdata, hukum adat, hukum agama, dan masih banyak lagi jenis hukum lainnya. Mungkin sudah ada yang pernah mendengar hukum material? Apa sebenarnya hukum material itu? Mari kita bersama-sama mencari tahu bagaimana pengertian hukum material agar Anda menjadi tahu dan paham akan hukum tersebut.

pengertian hukum material

Pengertian hukum material yang pertama yaitu sebuah hukum yang isinya perintah dan larangan yang menjadi patokan manusia agar bersikap tindak. Hukum ini mengatur manusia bagaimana melakukan sesuatu dalam hidup dan apa saja yang dilarang. Misalnya saja setiap orang tidak boleh saling membunuh satu sama lain, tidak boleh mencuri, harus melunasi hutang, dan lain sebagainya. Jika aturan aturan hukum material tersebut dilanggar maka akan mendapatkan sanksi yang telah disepakati bersama yang tertulis dalam perundang-undangan. Kita sebagai warga negara dan seorang manusia yang diberi akal dan pikiran hendaknya tahu mana yang boleh dan mana yang tidak boleh dilakukan.

Hukum material merupakan hukum yang memuat peraturan-peraturan yang pengatur kepentingan dan hubungan-hubungan yang berwujud perintah-perintah dan larangan-larangan. Contoh hukum material adalah hukum pidana dan hukum perdata. Setelah melihat pengertian hukum material, sekarang giliran kita mencari tahu sumber hukum material. Sumber hukum material ialah sebuah tempat dari mana materi hukum tersebut diambil. Misalnya saja dapat diambil dari hubungan sosial, hubungan sosial politik, tradisi, hasil penelitian ilmiah, dan lain sebagainya. Perkembangan internasional dan keadaan geografis juga dapat menjadi sumber hukum material.

Dari definisi hukum material yang telah dijelaskan tadi dapat diambil kesimpulan jika hukum material ialah sebuah hukum yang berisi sebuah larangan dan perintah untuk mengatur kepentingan-kepentingan dan hubungan-hubungan dalam bermasyarakat dan bernegara. Itulah pengertian hukum material yang dapat disimpulkan dari pembahasan kita kali ini. Semoga ulasan kami tadi bisa bermanfaat bagi Anda para pembaca yang sedang mencari tahu mengenai seluk beluk hukum material.