Pengertian Hukum Lenz

2250 views

Pengertian Hukum Lenz Dalam Ilmu Fisika

Kali ini kami akan membahas mengenai hukum Lenz. Apakah adik-adik semua tahu tentang hukum lenz tersebut? Hukum Lenz merupakan sebuah hukum dalam ilmu fisika yang menjelaskan mengenai arah arus induksi. Untuk lebih jelasnya dapat adik-adik lihat dari pengertian hukum lenz berikut ini ya. Hukum Lenz merupakan sebuah hukum yang menyatakan bahwa jika GGL (gaya gerak listrik) yang timbul pada sebuah rangkaian, maka arah arus induksi yang akan dihasilkan sedemikian rupa dapat menimbulkan medan magnetik induksi yang berusaha menentang perubahan dari medan magnetik tersebut.

pengertian hukum lenz

Hukum yang diciptakan oleh seorang ahli fisika yang bernama Friederich Lenz pada 1834. Hukum Lenz ini dapat dilihat dari sebuah percobaan dengan menggunakan magnet dan kumparan listrik. Ketika magnet dan kumparan listrik dalam kondisi diam, maka tidak akan terjadi perubahan fluks pada magnet di dalam kumparan. Akan tetapi, jika medan magnet didekatkan dengan kumparan akan terjadi perubahan fluks magnetik. Arah induksi pada perubahan magnetik selalu dalam keadaan fluks konstan, apakah didekatkan ataupun digerakkan menjauh.

Baca Juga: Pengertian Hukum Gossen 1 dan 2

Demikianlah percobaan dari hukum Lenz berdasarkan pengertian hukum Lenz. Percobaan lain dari hukum Lenz dapat melalui aturan tangan kanan dimana ibu jari yang menyatakan sebagai arah induksi magnet, sedangkan arah lipatan jari-jari menyatakan sebagai arah arus. Yuk, belajar fisika dengan cara menyenangkan dan kamu akan melihat bahwa dalam kehidupan sehari-hari kita dikelilingi oleh sains.