Pengertian Hukum Lavoisier

617 views

Pengertian Hukum Lavoisier yang Multifungsi

Pernahkah Anda mendengar istilah hukum lavoisier? Hukum lavoisier adalah istilah yang sudah tidak asing lagi dalam wacana para perebak ilmu hukum. Namun bagi masyarakat awam, tentu saja hukum Lavoisier bisa sangat asing. Kadangkala media massa yang peka akan selalu menambahkan definisi penjelas untuk tiap kata-kata asing. Namun sering pula dalam rubrik tertentu tulisannya benar-benar terkesan kaku, ilmiah, dan hanya bisa dimengerti oleh kaum intelektual semata. Kalau pembacanya kritis, tentu saja hal ini merupakan sebuah praktek ketidakadilan dalam memenuhi kebutuhan akan informasi. Kembali pada hukum lavoisier, mari kita urai bersama pengertian hukum lavoisier ini.

pengertian hukum lavoisier

Ternyata istilah hukum lavoisier bukanlah istilah hukum aktif sebagai bentuk aturan sosial, namun merupakan suatu hukum atau ada dalam studi ilmu kimia. Hmm, pengertian hukum lavoisier sering disebut dengan hukum kekebalan massa/berat. Hukum lavoisier berbunyi bahwa setiap reaksi yang melibatkan sebuah materi dan energi tertentu dalam ruang tertutup, tidak akan merubah massa benda tersebut.

Dari pengertian hukum Lavoisier yang diciptakan oleh Antoine Lavoisier di atas, tentu akan muncul kesimpulan bahwa massa tidak akan pernah hilang atau bersifat kekal. Menurut hukum lavoisier ini, massa merupakan komponen alamiah yang tidak akan pernah bisa diubah ataupun dihilangkan seperti halnya energi. Proyek-proyek hukum lavoisier ternyata sudah banyak dipakai dalam studi dan penelitian dunia barat, seperti proyek reaksi nuklir, reaksi peluruhan, dan juga semua reaksi kimia.