Pengertian Hukum Laut

5493 views

Pengertian Hukum Laut Nasional dan Internasional

Apakah Anda mengetahui pengertian hukum laut? Pengertian mengenai hukum laut ini dibagi atas 2 kategori, yaitu hukum laut nasional dan juga hukum laut internasional. Pengertian mengenai hukum laut nasional secara luas yaitu segala hal yang meliputi hukum yang berhubungan dengan laut. Hukum laut ini hanya mencakup laut yang termasuk Republik Indonesia beserta dengan warga-warganya. Pengertian hukum laut nasional ataupun internasional penting untuk Anda ketahui mengingat pentingnya bagi kehidupan masyarakat Indonesia.

pengertian hukum laut

Laut sendiri merupakan air asin yang menggenangi bumi jika dilihat dari fisiknya semata. Jika dilihat dari hukum, laut merupakan keseluruhan air laut di seluruh bumi yang saling berhubungan dengan bebas. Jika sebelumnya telah membahas mengenai pengertian hukum laut kategori nasional, lalu apa pengertian mengenai hukum laut internasional? Hukum laut internasional merupakan kaidah-kaidah atau asas-asas yang mengatur segala hal yang berhubungan dengan laut. Hukum ini mengatur persoalan mengenai batasan wilayah atau negara yang berhubungan dengan laut. Baik untuk laut di dalam wilayah ataupun laut di luar wilayah (laut lepas).

Itulah pengertian hukum laut internasional secara umum yang dapat Anda ketahui. Jika menurut ahli, hukum laut internasional yaitu hukum yang mengatur semua hal yang berhubungan dengan pelayaran kapal yang ada di laut. Selain itu juga mengatur mengenai keistimewaan pengangkutan barang ataupun orang menggunakan kapal laut. Pengertian mengenai hukum internasional ini diungkapkan oleh Mr. W. L. P. A Molengraaff, Mr. H. F. A Vollmar dan juga Mr. F. G Scheltema. Pengertian hukum laut menurut para ahli ini tentu mudah untuk Anda mengerti.

Hukum laut sangat penting untuk ada demi keadilan dan kedamaian dunia. Laut sendiri merupakan kekayaan alam yang menyimpan berbagai potensi menarik. Laut memiliki ukuran yang sangat luas dan bentuknya tidak beraturan. Jika tidak diatur dengan hukum laut, maka hal ini dapat menimbulkan perang antar wilayah. Oleh sebab itu hukum laut sangat penting demi memperjelas batasan-batasan dan aturan-aturan mengenai semua hal yang berhubungan dengan laut. Itulah pengertian hukum laut, semoga informasi ini dapat menambah wawasan Anda mengenai hukum laut.