Pengertian Hukum Laut Menurut Para Ahli

1969 views

Pengertian Hukum Laut Menurut Para Ahli Ternama

Pengertian hukum laut menurut para ahli sangat penting sebagai acuan bagi negara-negara yang sebagian wilayahnya terdiri atas lautan seperti Indonesia. Arti dari hukum laut ini sangat penting bagi kelangsungan kehidupan rakyat Indonesia. Sebagaimana diketahui, sebagai negara kepulauan Indonesia sebagian wilayahnya terdiri atas lautan. Sehingga hukum ini sangat penting untuk mengamankan wilayah teritori kita.

pengertian hukum laut menurut para ahli

Menurut para ahlinya, pengertian hukum laut dibagi menjadi 2 bagian, yakni hukum laut nasional dan hukum laut internasional. Pengertian hukum laut menurut para ahli untuk hukum laut nasional adalah segala hal yang melingkupi semua hukum yang berhubungan dengan kelautan, tetapi hanya mencakup daerah lautan yang memang menjadi hak Republik Indonesia maupun warganya. Lantas, bagaimana pengertian hukum laut internasional?

Hukum laut internasional adalah kode etik yang mengatur segala bentuk perihal yang berkaitan dengan laut namun secara menyeluruh. Hukum tersebut menata persoalan tentang batas-batas wilayah yang berkaitan langsung dengan laut. Baik kelautan dalam wilayah sendiri ataupun kelautan luar wilayah (laut lepas). Itulah pengertian dari hukum laut internasional secara umum yang bisa Anda ketahui. Sedangkan berdasarkan para ahli, hukum laut internasional merupakan hukum yang menangani hal-hal yang berkaitan dengan pelayaran kapal di laut. Selain itu, menangani juga tentang keistimewaan pengangkutan kapal laut yang membawa orang maupun barang.

Demikanlah penjelasan singkat pengertian hukum laut menurut para ahli. Semoga bermanfaat.