Pengertian Hukum Laut Internasional

687 views

Pengertian Hukum Laut Internasional dan Sejarahnya

Pengertian hukum laut internasional yaitu merupakan aturan yang mengatur batas yuridiksi suatu negara. Sejarah tentang kelautan ini telah ada sejak berabad-abad silam, namun demikian tidak ada hukum yang mengatur dan tidak diperlukan pengaturan pada jaman itu. Kala itu pada abad ke-2 dan ke 3 yang mengklaim atas laut adalah kerajaan berkuasa Yunani, yaitu Phoechia dan juga Rhodes. Kekuatan besar kerajaan ini tidak mampu membuat orang menentang tentang apa yang telah ia klaim, yaitu kekuasaan atas laut.

pengertian hukum laut internasional

Pengertian hukum laut internasional pada jaman dahulu belum banyak dipelajari dan dipikirkan secara matang oleh masing-masing kerajaan. Mereka menganggap bahwa semua orang berhak menggunakan laut untuk berlayar. Namun demikian, perkembangan orang akan berpikir tentang cara memanfaatkan laut mulai berkembang, sehingga bukan hanya sebagai sarana pelayaran saja namun laut juga tempat untuk menangkap ikan. Sejarah hukum laut internasional ini semakin bertambah tahun semakin berkembang dengan lebih bijaksana.

Pengertian hukum laut internasional yang berisikan tentang kaidah tentang aturan hubungan persoalan yang melintasi batas-batas negara yang berkaitan dengan laut yang ada dalam wilayah maupun di luar wilayah beserta aktivitas pemanfaatannya ini menjadi aturan yang sangat penting. Karena hal ini dapat menghindarkan negara yang satu dengan yang lain yang berbatasan dengan laut menjadi lebih aman. Hal ini dikarenakan masing-masing negara tersebut mengetahui secara jelas dan pasti hak, kewajiban serta hukum yang berlaku. Sehingga adanya kecurangan tentang kepemilikan laut akan terhindarkan.