Pengertian Hukum Laut Internasional Menurut Para Ahli

779 views

Pengertian Hukum Laut Internasional Menurut Para Ahli Hukum

Negara kita adalah negara kepulauan, menandakan bahwa negara kita dikelilingi oleh lautan. Kondisi ini membuat Negara kita memiliki konstitusi tentang kelautan yang ada kaitannya dengan hukum laut internasional. Tapi apakah Anda sudah mengetahui pengertian hukum laut internasional? Jika belum, mari kita menyimak ringkasan tentang pengertian hukum laut internasional menurut para ahli hukum di bawah ini.

pengertian hukum laut internasional menurut para ahli

Hukum laut internasional adalah aturan atau hukum tentang semua hal yang ada hubungannya dengan aktifitas di laut. Seperti kapal, kekayaan alam dari laut dan batas-batas teritorial air yang tidak boleh dilanggar. Selain itu dalam hukum laut internasional juga menerangkan tentang adanya jaminan hukum bagi aktifitas lalulintas barang di laut menggunakan kapal. Hukum laut internasional ini sangat penting dalam fungsinya menjaga keamanan dan perdamaian di dunia.

Dalam kedaulatan suatu negara di dunia juga memiliki batas negara yang dibatasi oleh laut. Area laut yang masih di dalam batas teritorial tersebut sangat dilindungi dan dilarang masuk tanpa ijin. Terlebih lagi apabila sampai ada negara lain yang memanfaatkan kekayaan alam dari laut yang masih dalam batas negara lain, hal itu sangat dilindungi oleh undang-undang. Hukum ini juga termasuk dalam hukum organisasi internasional. Demikianlah sedikit penjelasan yang diambil dari salah seorang pakar hukum dunia, semoga pengertian hukum laut internasional menurut para ahli ini bisa menambah wawasan kita.