Pengertian Hukum Ketenagakerjaan

927 views

Sebagai seorang pekerja, Anda tentu ingin dapat perlindungan hukum sehingga tentunya Anda juga harus memahami lebih lanjut pengertian hukum ketenagakerjaan yang berlaku di Indonesia. Hukum mengenai tenaga kerja sangat berbeda antara satu negara dengan negara lainnya, maka tentunya cukup memahami bagaimana hukum yang berlaku di Indonesia karena tidak mungkin Anda akan memahami semuanya, karena Anda bukan tenaga kerja di negara lain. Hukum ketenagakerjaan biasanya sangat-sangat dibutuhkan dan diharapkan keadilannya bagi mereka yang mengadu nasib di negeri orang, jaminan untuk bekerja dengan nyaman sangat mereka butuhkan.

pengertian hukum ketenagakerjaan

Hukum selain sebagai aturan yang berlaku, juga bisa menjadi sebuah perlindungan yang mana berperan untuk memberikan rasa aman. Definisi hukum ketenagakerjaan yaitu suatu hukum yang mengatur hubungan tentang pekerjaan antara dua orang maupun lebih yang menempatkan salah satunya sebagai bawahan atau buruh dan salah satu lainnya sebagai pemimpin atau majikan. Tak ayal hukum yang menangani masalah tenaga kerja sangat dibutuhkan bagi setiap orang yang mana bekerja pada orang atau perusahaan bukan sebagai pengusaha. Anda juga harus jeli mengenai hukum yang satu ini karena jika diabaikan akan berakibat buruk bagi Anda, karena bisa jadi yang memperkerjakan Anda mempunyai perangai yang buruk.

Pengertian Unsur-unsur Hukum Ketenagakerjaan

Sumber-sumber untuk sebuah hukum harus selalu ada sebagai penyangga hukum tersebut agar tidak mudah roboh atau hancur karena kurang kuatnya dasar sebuah hukum. Dalam hukum tenaga kerja, juga tentunya memiliki sumber-sumber hukum yang digunakan seperti kawanan beberapa peraturan yang bisa berkembang lebih menjadi bentuk aturan lisan maupun tulisan. Kedua, memberikan peraturan jelas untuk si pekerja atau bawahan maupun si pengusaha atau majikan. Ketiga, hadirnya dalam hubungan tersebut mengenai tingkatan dalam pekerjaan. Keempat, memberikan aturan jelas dan perlindungan bagi pekerja atau buruh.

Dengan mengetahui unsur-unsur yang membangun hukum ketenagakerjaan, maka Anda tidak perlu was-was lagi dengan nasib Anda sebagai pekerja karena Anda dilindungi dan dijaga rasa amannya dengan hukum ini. Sudah seharusnya Anda memahami lebih pengertian hukum ketenagakerjaan yang berlaku di Indonesia agar Anda tidak dimanfaatkan oleh majikan yang culas yang hanya ingin memeras tenaga Anda tanpa memberi upah. Perlakuan majikan juga mendapat sorotan penting karena telah banyak kasus mengenai penganiayaan tenaga kerja oleh majikannya. Hukum ini akan memberi rasa aman Anda ketika bekerja dan jaminan gaji yang sesuai perjanjian.

Memahami hukum-hukum memang tidak akan membuat Anda rugi karena dengan hukum Anda bisa mengukur mana yang culas maupun jujur dan juga mana yang butuh diberi peringatan dan ditiru. Hidup Anda akan nyaman jika menaati hukum-hukum yang berlaku, karena manusia mempunyai batasan-batasan tersendiri dalam bersikap maupun hal lainnya. Mari pahami lebih lanjut pengertian hukum ketenagakerjaan sebagai hak Anda.