Pengertian Hukum Kesehatan Menurut Para Ahli

1623 views

Pengertian Hukum Kesehatan Menurut Para Ahli Terkemuka

Pengertian hukum kesehatan menurut para ahli yang terkemuka seperti Van Der Mijn adalah hukum yang memiliki keterkaitan atau hubungan langsung dengan usaha pemeliharaan kesehatan, melingkupi penerapan dari perangkat hukum, seperti hukum pidana, perdata juga tata usaha negara. Sedangkan menurut guru besar ilmu kesehatan asal Belanda, Leenen, beliau menafsirkan hukum kesehatan sebagai keseluruhan semua aktifitas hukum serta peraturan hukum di bidang kesehatan juga studi ilmiah bidang kesehatan.

pengertian hukum kesehatan menurut para ahli

Berdasarkan dua pendapat dari ahli hukum kesehatan tersebut, secara ringkas hukum kesehatan bisa ditafsirkan sebagai seperangkat kaidah atau hukum yang mengatur keseluruhan aspek yang berhubungan dengan usaha pemeliharaan kesehatan. Hadirnya hukum kesehatan tersebut sangat berguna untuk memperbaiki pandangan masyarakat mengenai proses hukum di bidang kesehatan. Selain itu, hukum ini juga diperlukan untuk membiasakan para dokter dan tenaga medis lainnya yang cenderung tidak menyukai jika harus berurusan dengan proses hukum.

Pengertian hukum kesehatan menurut para ahli ini berbeda dengan hukum kedokteran. Perbedaan ini terletak pada ruang lingkup dari kedua hukum tersebut. Ruang lingkup hukum kesehatan meliputi semua aspek yang terkait dengan bidang kesehatan, antara lain kesehatan jasmani, kesehatan rohani dan kesehatan sosial. Sedangkan ruang lingkup hukum kedokteran hanya spesifik mengenai profesi kedokteran saja. Jadi bisa dikatakan kalau hukum kedokteran merupakan salah satu bagian dari hukum kesehatan. Demikianlah informasi mengenai pengertian dari hukum kesehatan menurut pandangan para ahli. Semoga bermanfaat.