Pengertian Hukum Jual Beli

1105 views

Pengertian Hukum Jual Beli Secara Islam

Pernahkah kamu mengalami penipuan ketika sedang melakukan transaksi jual beli, terlebih dengan sistem online shop yang resikonya lebih tinggi. Jual beli sendiri memiliki hukum yang jelas di mana dengan mengetahui pengertian hukum jual beli dapat meminimalisir kasus penipuan yang kamu hadapi. Atau kamu tahu harus bertindak seperti apa ketika kamu mengalami kejadian tersebut. Hukum jual beli ini sendiri merupakan hukum yang mengatur terhadap semua aktifitas jual beli. Di mana pengertian jual beli itu sendiri merupakan sebuah proses tukar menukar barang yang sifatnya mengikat antara penjual dengan pembeli.

pengertian hukum jual beli

Di dalam Islam sendiri juga telah diatur mengenai hukum jual beli yang baik dan benar. Namun, dengan kondisi negara kita yang memang tidak menganut paham dan agama tertentu dalam pembuatan hukumnya, paling tidak kita mengerti akan pengertian hukum jual beli yang baik secara Islam. Di dalam Islam sendiri hukum asal dari jual beli adalah mubah atau boleh, namun dalam kondisi tertentu hukum tersebut bisa berubah sesuai dengan kondisinya.

Apakah bisa menjadi sunnah, makruh bahkan bisa menjadi haram. Serta di dalam hukum jual beli secara Islam harus cukup rukun dan syarat jual beli. Jika salah satu rukun atau syarat tidak terpenuhi, maka jual beli tersebut bisa dibatalkan. Demikianlah beberapa hal yang perlu diketahui mengenai pengertian hukum jual beli menurut ajaran Islam yang disesuaikan dengan petunjuk nabi Muhammad SAW berdasarkan Al Quran dan sunnah Rasul.