Pengertian Hukum Internasional Regional

4203 views

Pengertian Hukum Internasional Regional dan Khusus

Anda sedang mencari tahu mengenai pengertian hukum internasional regional ? Bagi Anda yang belum tahu ataupun paham mengenai hukum internasional, Anda dapat menyimak uraian berikut. Hukum internasional merupakan hukum yang mengatur seluruh aktivitas yang berskala internasional. Hukum internasional ini dibagi menjadi 2 yaitu hukum internasional regional dan juga khusus. Jadi, ada baiknya jika Anda tidak hanya mengetahui hukum internasional regional saja tetapi juga khusus. Untuk pengertian hukum internasional regional dan khusus, simak ulasan berikut.

pengertian hukum internasional regional

Hukum internasional regional merupakan hukum atau aturan yang terpelihara dan juga diakui sebagai hukum pada bagian dunia yang tertentu. Untuk contohnya yaitu suaka politik yang berlaku hanya pada daerah regional tertentu. Sedangkan pengertian dari hukum internasional khusus yaitu hukum atau aturan atau kaidah yang timbul dan juga terpelihara lalu diperjanjikan. Itulah pengertian hukum internasional regional dan juga khusus yang dapat Anda ketahui. Kedua hukum internasional ini tentu memiliki perbedaan. Perbedaannya yaitu dapat dilihat pada proses pembentukan hukum tersebut.

Jika hukum internasional regional dibentuk akibat kebiasaan, sedangkan hukum internasional khusus dapat terbentuk karena perjanjian. Itulah pengertian hukum internasional regional dan contohnya beserta perbedaannya dengan hukum internasional khusus. Hukum internasional sendiri didasarkan pada pikiran masyarakat internasional yang terdiri dari sejumlah negara yang merdeka dan berdaulat. Artinya negara-negara yang termasuk merupakan negara yang berdiri sendiri, tidak di bawah kekuasaan negara lain. Sehingga dapat menciptakan ketertiban hukum antara masyarakat internasional. Selain mengetahui pengertian hukum internasional regional, ketahui juga dasar dari hukum internasional tersebut.

Untuk sistem hukum yang ada di Indonesia sendiri merupakan campuran dari beberapa hukum. Antara lain yaitu hukum Eropa, hukum adat dan juga hukum agama. Sebagian besar hukum-hukum yang dianut baik hukum perdana ataupun perdata merupakan hukum Eropa. Di mana negara Belanda memiliki distribusi yang sangat besar karena sejarah masa lalu. Negara Indonesia memang dulunya dijajah oleh Belanda selama ratusan tahun sehingga meninggalkan sejarah yang sangat banyak. Demikian ulasan mengenai pengertian hukum internasional regional dan juga khusus.