Pengertian Hukum Internasional Publik

3978 views

Pengertian Hukum Internasional Publik dan Perbedaannya dengan Hukum Perdata Internasional

Apakah Anda tahu apa perbedaan antara pengertian hukum internasional publik dan juga pengertian hukum perdata internasional? Kedua hukum ini merupakan hukum internasional yang tentu sudah sering Anda dengar. Hukum merupakan suatu aturan yang digunakan untuk mengatur persoalan tertentu. Sedangkan kata internasional yang tercantum berarti hukum tersebut mencakup wilayah internasional, bukan hanya lokal atau nasional saja. Hukum internasional ini dibuat untuk menciptakan hubungan yang teratur dan juga kedamaian untuk seluruh negara yang menjadi anggota.

pengertian hukum internasional publik

Seperti yang telah disebutkan, hukum internasional sendiri terbagi menjadi 2 yaitu hukum perdata dan hukum publik. Penjelasan mengenai pengertian hukum internasional publik yaitu hukum yang mengatur masalah ataupun hubungan yang melintasi suatu batas negara. Baik negara dengan negara ataupun negara dengan subjek hukum selain negara. Serta antara subjek hukum selain negara yang satu dengan yang lainnya yang bukan perdata. Peraturan tersebut merupakan peraturan internasional, mencakup banyak negara. Itulah penjelasan singkat mengenai apa pengertian hukum internasional publik secara umum.

Sedangkan hukum perdata internasional yaitu hukum yang mengatur antara warga negara satu dengan warga negara lainnya yang berhubungan internasional. Secara umum, kedua hukum tersebut memiliki persamaan dan juga perbedaan. Dilihat dari pengertian hukum internasional publik dan juga hukum perdata internasional tersebut, keduanya mengatur hubungan internasional. Persoalan yang berhubungan dengan melintasi batas negara atau internasional diatur dengan hukum tersebut. Untuk perbedaannya yaitu dapat dilihat dari sifat hukum dan juga objek atau persoalan yang diatur.

Pendapat para ahli Jerman mengenai perbedaan pengertian hukum internasional publik dan perdata tersebut terletak pada kekuasaan pada badan hukum. Apakah badan hukum yang mengatur tersebut memiliki kekuasaan atau berperan sebagai pengusaha. Di mana badan hukum dapat dianggap memiliki kekuasaan jika badan hukum tersebut dapat mengambil keputusan atau membuat peraturan. Peraturan yang dibuat merupakan peraturan yang mengikat orang lain atau tidak termasuk anggota badan hukum tersebut. Sekian perbedaan mengenai pengertian hukum internasional publik dan juga hukum perdata internasional.