Pengertian Hukum Internasional Menurut Para Ahli Hukum

2845 views

Sejarah terjalinnya kerja sama antara dua negara atau lebih telah terjadi sejak pada masa perang dunia. Di mana kerja sama tersebut dimaksudkan untuk menghimpun kekuatan dan mencapai tujuan yang sama. Kerja sama hingga saat ini juga tetap terjalin antara dua negara atau lebih, namun saat ini lebih mengarah kepada kerja sama yang bersifat positif dalam memajukan negara. Kerja sama dilakukan dalam bidang pendidikan, kesehatan politik hukum dan lainnya. Mengingat hubungan antar negara tidak bisa dipungkiri, hal tersebut melatarbelakangi tercetusnya hukum Internasional. Pada kesempatan ini akan dibahas lebih lanjut mengenai pengertian hukum internasional menurut para ahli.

pengertian hukum internasional menurut para ahli indonesia

Definisi Hukum Internasional Menurut Para Ahli

Dewasa ini, kerja sama yang terjalin secara bilateral maupun multilateral memang menjadi keuntungan bagi masing-masing negara. Namun dengan adanya kerjasama, tidak bisa dipungkiri jika kemungkinan terjadinya hal yang tidak diinginkan bisa saja terjadi, seperti konflik antara dua negara ataupun lebih. Untuk itulah hukum perlu ditegakkan di antara negara-negara di dunia. Hukum yang mampu menaungi seluruh negara di dunia adalah hukum internasional. Di mana hukum international merupakan segala hukum yang diciptakan untuk mengatur segala aktivitas dalam skala international.

Pengertian hukum internasional menurut para ahli yang pertama datang dari Hugo de Groot yang menyatakan bahwa hukum internasional adalah hukum yang didasarkan pada kemauan bebas dan persetujuan negara-negara demi tercapainya kepentingan bersama. Sedangkan Ransisco Suares, hukum International adalah hukum yang berlaku untuk manusia atas dasar hukum manusia demi kesejahteraannya. Di sisi lain Rebecca M. Wallace juga mendefinisikan Hukum Internasional yang berarti norma yang mengatur tindakan negara-negara dan kesatuan lain yang memiliki kepribadian internasional dan individu, dalam hal hubungan satu dengan yang lainnya.

Para ahli hukum Indonesia juga berpendapat mengenai definisi Hukum international. Salah satunya adalah Mochtar Kusumaatmatdja yang menyatakan jika hukum internasional adalah seluruh kaidah dan asas yang mengatur hubungan yang melintasi batas-batas antarnegara. Menurut Wirjono Prodjodikoro, hukum Internasional merupakan hukum yang mengatur hubungan hukum antar bangsa di dunia. Sedangkan menurut Sam Suhaedi, berdasarkan pendapatnya bahwa sebuah hukum internasional lebih mengarah kepada sekumpulan aturan, norma dan asas yang mengatur hubungan pergaulan dalam masyarakat Internasional.

Dari beberapa pengertian hukum internasional menurut para ahli di atas dapat disimpulkan bahwa subjek hukum internasional yang merupakan pelakunya adalah negara dan subjek hukum internasional lainnya yang bukan negara. Sedangkan yang menjadi ruang lingkup hukum internasional terdiri dari hubungan yang bisa berupa kerja sama antar negara dan hubungan antar subjek hukum. Pada tataran selanjutnya hukum internasional ini dibagi menjadi hukum publik internasional dan hukum perdata internasional. Itulah beberapa definisi yang telah disajikan dari beberapa ahli hukum, semoga bermanfaat.