Pengertian Hukum Ilmiah

1548 views

Pengertian Hukum Ilmiah dan Mendasar

Pengertian hukum ilmiah seringkali menjadi pertanyaan yang sering diajukan di bidang sains. Di dalam bidang sains, sebuah kata dapat mempunyai arti khusus. Sangat berbeda dengan istilah yang dipakai sehari-hari oleh orang awam yang sering menganggap sebuah teori hanyalah hal yang kurang pasti. Sebagai contoh adalah pengertian dari hukum ilmiah. Hukum ilmiah diartikan sebagai suatu penjelasan fakta yang bertujuan langsung menggambarkan sebuah kasus dengan kondisi yang jelas. Lazimnya diterima secara umum dan benar. Terkadang juga merupakan persamaan rumus hitungan. Hukum adalah penyamarataan dari riset. Hukum ilmiah memaparkan tetapi tidak menjelaskan. Sebagai contoh, hukum pada gaya gravitasi Newton yang bisa memperhitungkan sifat benda yang jatuh tetapi tidak memberi penjelasan.

pengertian hukum ilmiah

Selain hukum ilmiah, kita juga sering mendengar kata hipotesis. Hipotesis merupakan anggapan dari para ahli tentang penelitian. Hipotesis adalah gagasan yang dapat di uji dengan eksperimen. Hal itu merupakan penjelasan yang masuk akal dari sebuah peristiwa berdasarkan dari observasi, namun belum ada bukti. Umumnya hipotesis dapat didukung atau dibantah melalui pemeriksaan dan tes. Hipotesis tak bisa dibuktikan benar, tetapi dapat dibuktikan salah. Supaya dapat menjadi ilmiah, maka hipotesis harus difalsifikasi, yang berarti harus dibuktikan salah.

Hipotesis atau dugaan-dugaan yang sudah didukung dengan adanya tes berulang kali dirangkum dalam sebuah teori ilmiah. Teori akan dinyatakan valid atau sah selama tak ada bukti-bukti yang melawannya. Oleh sebab itu, sebuah teori dibuktikan salah. Seorang ilmuwan bernama Jerry Wilson pernah menegaskan bahwa perbedaan paling menyolok antara hukum dan teori adalah bahwa sebuah teori lebih kompleks dan dinamis. Sedangkan hukum hanya menggambarkan sebuah aksi saja, sedangkan teori memberi penjelasan menyeluruh dari fenomena yang terkait. Demikianlah informasi mengenai pengertian hukum ilmiah. Semoga bermanfaat.