Pengertian Hukum Hooke Fisika

888 views

Dasar Pengertian Hukum Hooke Fisika

Pengertian hukum Hooke dalam fisika dapat diartikan sebagai hukum ketetapan gaya karena karakter elastisitas pada sebuah pegas atau pir. Hukum ini menganalisis adanya keterkaitan antara peregangan pegas akibat gaya dengan bertambahnya panjang pegas, pada area batas elastisitas pegas tersebut. Secara simetris besar dari gaya Hooke akan berbanding tegak lurus dengan jarak gerak pada pegas dari kedudukan awal atau posisi normal.

pengertian hukum hooke fisika

Saat sebuah pegas kita beri gaya luar dengan cara menariknya, maka gaya yang dikeluarkan pegas besarnya setara dengan gaya luar, akan tetapi berlawanan arah atau aksi = reaksi. Dalam rumus matematika dapat dihitung dengan cara sebagai berikut:

F = -k.x

Dengan keterangan sebagai berikut:

  1. F sama dengan gaya dalam hitungan newton(N)
  2. k sama dengan konstanta gaya dalam hitungan newton per meter(N/m)
  3. x sama dengan jarak gerak pegas dari posisi awal dalam hitungan unit meter(m)

Untuk lebih jelasnya, sebagai contohnya pada salah satu ujung pegas kita ikat pada sebuah benda tetap, sedangkan ujung yang lain kita tarik, maka pegas tersebut akan bertambah panjang. Pertambahan panjang pada pegas tersebut akan setara dengan besar gaya yang kita berikan. Dari semua keterangan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa di dalam batas keelastisitasan sebuah benda, maka gaya akan berbanding setara dengan bertambahnya panjang benda. Pernyataan demikianlah yang dikenal sebagai Hukum Hooke dalam Ilmu Fisika. Demikianlah pembahasan mengenai pengertian hukum Hooke fisika. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Pengertian Hukum Lenz