Pengertian Hukum Hindu

1725 views

Pengertian Hukum Hindu dan Istilah Hukum Hindu

Pengertian hukum Hindu sebenarnya sama halnya dengan pengertian hukum lainnya yaitu norma atau aturan yang mengatur kehidupan. Bentuk hukum Hindu sendiri berbeda dengan hukum adat yang berlaku di Bali. Secara umum hukum Hindu bersumber pada ajaran agama Hindu itu sendiri, sedangkan hukum adat yang ada di Bali tidak semuanya bersumber pada hukum Hindu saja tapi juga ada yang bersumber dari kebiasaan masyarakat Bali sebelum Hindu datang. Salah satu ajaran hukum Hindu yang sangat kuat adalah hukum Tuhan murni.

pengertian hukum hindu

Pengertian hukum Hindu Tuhan murni atau sering disebut dengan RTA yang dibaca Rita. Hukum ini merupakan hukum murni Hindu yang sifatnya absolut. RTA atau Rita ini kemudian dijabarkan kembali dalam tingkah laku manusia yang dalam Hindu disebut dengan dharma. Hukum Dharma ini sebenarnya bersifat relatif karena selalu berkaitan dengan pengalaman yang dirasakan oleh manusia untuk mengatur tingkah laku dalam mencapai kehidupan yang bahagia. Sedangkan RTA sendiri adalah hukum yang tetap dan kekal dan tidak akan pernah berubah.

Dari pengertian hukum Hindu yang bersifat murni atau RTA dan dharma berupa tingkah laku, dalam Hindu sendiri mengenal sumber hukum. Sumber hukum inilah yang menjadikan acuan umat Hindu untuk membuat hukum yang berlaku untuk membuat kehidupan menjadi lebih bahagia. Keempat sumber hukum ini adalah sumber hukum yang ditinjau dari arti sejarah, sumber hukum yang ditinjau dari arti sosiologis, sumber hukum yang ditinjau dari arti filsafat, dan juga sumber hukum yang ditinjau dari arti formil. Dari keempat sumber inilah hukum Hindu berlaku.