Pengertian Hukum Harta Kekayaan

1438 views

Pengertian Hukum Harta Kekayaan yang Benar

Kekayaan adalah sebuah hal yang juga mempunyai hukum. Pengertian hukum harta kekayaan adalah sebuah hukum yang mengatur segala hal yang bisa dinilai dengan uang. Dengan demikian, hukum kekayaan adalah sebuah hukum yang berlaku dalam setiap transaksi yang menggunakan uang. Ruang lingkup hukum kekayaan tentunya ruang keuangan mulai dari transaksi hingga pertukaran benda dan uang. Oleh sebab itu, kita tidak bisa sembarangan melakukan transaksi dan jual beli.

pengertian hukum harta kekayaan

Dalam pengertian hukum harta kekayaan juga mengatur hal yang berkaitan dengan sebuah sengketa. Sebuah sengketa tentu bukan hal sepele yang harus diselesaikan lewat pengadilan. Dalam sebuah sengketa akan membutuhkan hukum harta kekayaan agar bisa menentukan hal terbaik dari sengketa tersebut. Terlebih dalam sebuah sengketa terutama sengketa lahan salah satu pihak pasti melihat nilai ekonomis yang ada pada daerah yang disengketakan. Jika hukum kekayaan ini tidak ada pastinya akan membuat banyak orang berebut harta dan saling mencurangi dalam segala hal yang berkaitan dengan uang.

Harta kekayaan bukanlah hal sembarangan. Banyak hal yang bisa terjadi akibat orang berebut harta dan saling mendahului dalam setiap kegiatan yang menyangkut uang. Oleh sebab itu, disini diperlukan sebuah hukum harta kekayaan. Di mana pengertian hukum harta kekayaan ada sebuah hukum yang akan menyelesaikan segala hal yang bersangkutan dengan bermacam jenis dan lainnya yang bersangkutan dengan uang. Sebagai warga negara yang baik tentu kita harus selalu menaati hukum dan peraturan yang ada tak terkecuali hukum kekayaan yang sangat penting ini.