Pengertian Hukum Hardy Weinberg

2252 views

Pengertian Hukum Hardy Weinberg Dalam Hukum Populasi Genetika

Pengertian hukum Hardy Weinberg bagi para ahli biologi dan genetika lingkungan tentu sudah tidak asing lagi. Hardy Weinberg termasuk salah satu ilmuwan yang mempelajari mengenai genetika populasi dan penurunannya terhadap suatu gen tertentu dalam sebuah populasi. Hukum yang dikemukakan oleh Hardy Weinberg ini menerangkan jumlah gen yang diturunkan dalam frekuensi gen tertentu dalam sebuah populasi. Hardy mengungkapkan dalam hukumnya bahwa jika perbandingan antara dua gen sama maka gen yang ada di dalamnya seimbang.

pengertian hukum hardy weinberg

Pengertian hukum Hardy Weinberg ini diungkapkan dalam hukum Hardy Weinberg yang berbunyi: bahwa perbandingan antara P dan Q dalam sebuah gen akan tetap untuk setiap generasi jika P dalam jumlah gen N sama dengan Q dalam jumlah gen atau P = Q. Jika hal ini terjadi maka frekuensi suatu gen dalam keadaan yang seimbang. Hukum Hardy Weinberg ini biasanya digunakan untuk menentukan banyaknya orang dalam sebuah populasi yang mempunyai gen tertentu.

Pengertian hukum Hardy Weinberg ini berlaku pada suatu kondisi tertentu yang menjadi syarat hukum ini bisa digunakan. Hukum Hardy Weinberg hanya berlaku dalam keadaan berikut ini yaitu: perkawinan yang terjadi antara genetif terjadi acak dan tidak beraturan, mutasi dari gen baru mempunyai kemungkinan yang sama, seleksi alam tidak terjadi, frekuensi gen dalam sebuah populasi tersebut seimbang, dan sampel yang diambil adalah dari populasi besar.