Pengertian Hukum Hammurabi

7822 views

Pengertian Hukum Hammurabi dan Isinya

Pengertian hukum Hammurabi atau codex Hammurabi adalah hukum yang berlaku guna mengatur kerajaan. Hukum atau Undang-Undang tersebut disusun oleh raja Hammurabi, pada masa Babylonia lama raja Hammurabi sangat terkenal. Sebelum jauh mengenal isinya, mari kita kupas sedikit tentang raja yang sangat suka berperang ini. Menurut bahasa Akadia, Hammurabi merupakan susunan dua kata yang memiliki arti yaitu Ammu yang berarti saudara laki-laki dari ayah, dan rapi yang berarti seorang penyembuh.

pengertian hukum hammurabi

Pengertian hukum Hammurabi ini memiliki isi yang sangat bagus dan adil bagi semua orang. Pada masanya, Hammurabi sangat sering berperang untuk memperluas menaklukkan negara lain. Namun demikian Codek Hammurabi yang memiliki isi yang cukup bijaksana ini adalah merupakan hukum tertulis yang pertama yang ada di dunia. Sementara itu, saat ini Codek Hammurabi yang ditemukan oleh arkeolog Perancis pada tahun 1901 ini bisa dilihat di museum Louvre di Paris, Perancis. Dan tempat ini menjadi salah satu favorit para pengunjung yang ingin melihat isi hukum Hammurabi.

Adapun isi hukum yang paling terkenal di dunia adalah hukum yang berbunyi “an eye for an eye” yang dalam bahasa Indonesia berarti “mata dibalas dengan mata”. Dan hukum yang lain berbunyi “jika seorang laki-laki bersalah karena berhubungan dengan anak perempuannya atau incest, maka laki-laki tersebut harus diasingkan”. Dari isi hukum Hammurabi ini, bisa kita rasakan bahwa sesungguhnya Hammurabi adalah raja yang mencintai kebenaran dan keadilan. Demikian pengertian hukum Hammurabi semoga bermanfaat.