Pengertian Hukum Gossen

1817 views

Pengertian Hukum Gossen 1 dan Gossen 2

Hukum Gossen adalah sebuah kaidah menurut ilmu ekonomi yang dinyatakan oleh seorang ahli ekonomi dari Jerman, yakni Hermann Heinrich Gossen. Pengertian hukum Gossen yang pertama sendiri termasuk generalisasi berdasarkan fakta dari pengalaman apabila pemuasan kebutuhan terhadap benda tertentu secara terus menerus, di mana kenikmatannya semakin lama akan semakin berkurang hingga akhirnya mencapai titik jenuh. Bisa dikatakan, kenikmatan terhadap pemanfaatan benda terakhir ini termasuk kenikmatan yang bersifat marginal. Sedangkan, pengertian hukum Gossen kedua adalah hukum ekonomi yang bersifat murni.

pengertian hukum gossen

Pengertian hukum Gossen 2 menyatakan bahwa setiap manusia berusaha untuk memenuhi berbagai macam kebutuhannya dengan sedapat-dapatnya hingga intensitas sama. Hukum Gossen 2 biasa disebut juga sebagai hukum guna horizontal, yang membahas tingkat kepuasan terhadap berbagai macam barang. Berbeda halnya dengan hukum Gossen 1 yang disebut sebagai hukum guna vertikal yang hanya membahas tentang kepuasan terhadap 1 macam barang saja. Setiap konsumen akan mencapai kepuasan secara maksimal dan mencapai keseimbangan apabila ketika membelanjakan anggaran, kepuasan marginal yang telah didapatnya memiliki satuan uang yang sama.

Kebutuhan manusia yang dimaksudkan dalam hukum Gossen 2 ini adalah kebutuhan berupa perumahan, pakaian, kesehatan, makan dan lain sebagainya. Dengan demikian kebutuhan dengan tingkat intensitas sama ini, maka seseorang tersebut tak akan menghabiskan anggarannya demi membeli satu kebutuhan saja, misalnya untuk pakaian saja. Ya, itulah ringkasan mengenai pengertian hukum Gossen 1 dan hukum Gossen 2.