Pengertian Hukum Gossen 1 dan 2

3986 views

Pengertian Hukum Gossen 1 dan 2 – Tentang Kepuasan Akan Kebutuhan

Apakah Anda pernah mendengar tentang hukum Gossen 1 dan 2? Jika Anda belum pernah mendengarnya, berikut kami akan menjelaskan mengenai pengertian hukum Gossen 1 dan 2 yang berkaitan dengan tingkat kepuasan seseorang dalam kehidupannya akan pemenuhan kebutuhan mereka. Pengertian kedua hukum ini memiliki perbedaan, dan akan dijelaskan satu per satu agar dapat memahami pengertian dari hukum ini.

pengertian hukum gossen 1 dan 2

Hukum Gossen ini ditemukan oleh seorang ahli ekonomi yang berasal dari Jerman yang menemukan teori tentang tingkat kepuasan kebutuhan seseorang. Definisi hukum Gossen ini terbagi dua, yaitu hukum Gossen 1 dan 2. Walaupun pengertian hukum Gossen 1 dan 2 memiliki perbedaan tetapi tetap membahas permasalahan yang sama yaitu tingkat kepuasan akan kebutuhan seseorang. Dalam hukum Gossen 1 menyatakan bahwa sebuah barang atau produk yang digunakan bertambah, maka guna total juga ikut bertambah. Namun guna marginal justru akan menurun bahkan hingga menyentuh angka 0.

Sedangkan hukum Gossen 2 menyatakan bahwa seseorang akan terus memenuhi segala keinginannya sesuai dengan kebutuhan namun dengan tingkat kepuasan yang sama. Mudahnya adalah dalam hukum Gossen 2, seseorang akan merasa tercukupi dengan kebutuhan yang ingin dipenuhinya karena setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda dengan jumlah yang berbeda. Demikianlah mengenai perbedaan dari pengertian hukum Gossen 1 dan 2, di mana hukum Gossen 2 merupakan penyempurna dari hukum Gossen yang pertama.