Pengertian Hukum Gereja

1749 views

Pengertian Hukum Gereja dan Fungsinya

Pengertian hukum gereja secara bahasa adalah aturan yang ada dalam sebuah gereja. Tidak hanya itu saja, hukum gereja juga dijadikan sebagai kajian studi dalam ilmu teologi umat Kristiani. Studi teologi ini mengkaji secara sistematis dari prinsip-prinsip ecclesiologist aturan yang ada dalam gereja. Adanya aturan atau hukum gereja ini merupakan kenyataan yang tidak bisa dihindari. Semua gereja yang ada tentunya sudah mempunyai aturan yang dapat digunakan untuk menata dirinya sendiri. Hukum gereja ini sangat berhubungan dengan semua kehidupan yang ada di dalam gereja tersebut.

pengertian hukum gereja

Definisi hukum gereja ini juga mempunyai landasan yang dijadikan sebagai patokan untuk membuat aturan yang ada dalam sebuah gereja. Landasan ini adalah berdasarkan hakikat gereja itu sendiri. Dengan adanya pengertian hukum gereja ini tentu saja mempunyai fungsi yang tidak bisa dilepaskan begitu saja. Secara garis besar, ada dua fungsi hukum gereja yaitu untuk memberikan kemampuan gereja dalam melayani umatnya sesuai dengan hakikat gereja dan juga membantu gereja untuk menunjukkan eksistensinya atau mewujudkan kehadirannya.

Fungsi pertama dari pengertian hukum gereja ini yaitu dengan hukum gereja maka gereja akan mampu untuk melayani semua umatnya sesuai dengan hakikat gereja sendiri. Gereja itu ada tidak karena dengan sendirinya melainkan karena adanya Allah sebagai Tuhan Tri Tunggal. Melalui gereja misi-misi Allah disampaikan. Sedangkan fungsi yang kedua yaitu untuk memberikan eksistensi kehadiran gereja. Dengan hukum gereja ini gereja diharapkan bisa menyentuh secara nyata kebutuhan.