Pengertian Hukum Ekonomi Syariah

4522 views

Pengertian Hukum Ekonomi Syariah di Indonesia

Akhir-akhir ini perkembangan akan ekonomi syariah sedang mengalami kemajuan, terlihat dari bank yang kini ada yang membuka bank syariah. Pengertian hukum ekonomi syariah itu sendiri bisa didefinisikan sebagai hukum ekonomi yang berdasarkan syariah yang dilandasi akan pedoman dari Al Quran dan Hadist beserta ijtihad para ulama. Uniknya ekonomi syariah hanya dikenal di Indonesia saja, sedangkan negara Islam lain menggunakan istilah ekonomi Islam walaupun pengertian keduanya memiliki arti yang sama. Hanya istilah yang membedakan keduanya namun memiliki arti yang sama.

pengertian hukum ekonomi syariah

Hukum merupakan sebuah aturan yang harus dijalani sesuai dengan perintah yang menyangkut akan kehidupan manusia. Ekonomi syariah merupakan sebuah sistem ekonomi yang berlandaskan hukum Islam yang berlaku. Oleh karena itu, definisi hukum ekonomi syariah bisa dikatakan sebagai sebuah hukum yang mengatur akan segala hal yang berkaitan dengan sistem ekonomi berdasarkan Al Quran, Hadist dan Ijtihad para ulama. Dengan mengetahui pengertian hukum ekonomi syariah, kita bisa lebih bijak dalam menyikapi berbagai persoalan yang sesuai dengan ekonomi syariah.

Hukum ekonomi syariah mengatur segala aspek baik yang dibutuhkan dalam kehidupan manusia yang telah diatur secara sah oleh hukum yang berlaku. Sesuai dengan perkembangan zaman, hukum ekonomi syariah juga bisa disesuaikan dengan zaman saat ini namun tetap menggunakan landasan Al Quran, Hadist dan ditambah dengan ijtihad ulama untuk menyepakati sebuah hukum fiqh yang berlaku. Dengan demikian, pengertian hukum ekonomi syariah bisa dijalankan sesuai dengan tuntunan agama Islam.