Pengertian Hukum Ekonomi Internasional

1808 views

Pengertian Hukum Ekonomi Internasional Berdasar Pendapat Ahli

Pengertian hukum ekonomi internasional secara umum adalah sebuah hukum yang mengatur adanya transaksi ekonomi antar negara. Hal ini menyangkut berbagai hal yang bisa dinilai dengan ekonomi. Mulai dari hukum eksport dan import hingga peraturan perdagangan bebas antar negara telah diatur di sini. Untuk lebih jelas mengenai apa itu hukum ekonomi internasional simak beberapa pengertian hukum ekonomi internasional menurut para ahli berikut.

pengertian hukum ekonomi internasional

Pengertian hukum ekonomi internasional yang pertama adalah dari Prof. John W. Head. Menurut beliau hukum ekonomi internasional adalah sebuah hukum yang sulit dipahami. Hal ini karena ruang lingkup hukum ini lebih rumit dan kompleks dibanding dengan ruang lingkup hukum lainnya. Dengan adanya prinsip ekonomi di seluruh dunia membuat sebuah hubungan ekonomi sulit ditebak. Salah satunya adalah kebijakan pasar bebas yang bisa membuat hubungan kedua negara dalam bidang ekonomi yang kadang tidak sesuai dan tidak seimbang. Dengan demikian, akan kadang ada salah satu negara yang dirugikan karena hubungan ekonomi ini.

Arti hukum ekonomi internasional berikutnya adalah dari Ismail Saleh. Ismail Saleh adalah salah satu pakar ekonomi Indonesia yang berpendapat mengenai hukum ekonomi internasional. Beliau memberi pengertian hukum ekonomi internasional yakni sebuah hukum yang berperan dalam sebuah pembangunan ekonomi. Dalam hal ini hukum ekonomi adalah sebuah pengaman agar salah satu pihak tidak merasa dirugikan karena adanya pembangunan yang sedang berlangsung. Dengan demikian fungsi hukum ekonomi sangat penting sebagai penyelaras ekonomi internasional.