Pengertian Hukum Dasar Kimia

1364 views

Pengertian Hukum Dasar Kimia dan Jenis-Jenisnya

Yuk, belajar kimia dengan cara menyenangkan. Kali ini kita akan membahas mengenai hukum dasar kimia. Apa sih pengertian hukum dasar kimia tersebut? Hukum dasar kimia merupakan sebuah ilmu yang mempelajari mengenai hubungan kuantitif dari komposisi zat-zat kimia beserta dengan reaksi yang dihasilkan. Hukum dasar kimia ini meliputi beberapa hukum kimia lainnya, seperti hukum kekekalan massa (hukum Lavoisier), hukum perbandingan tetap (hukum Proust), hukum kelipatan berganda (hukum Dalton), hukum perbandingan volume (hukum Gay-Lussac).

pengertian hukum dasar kimia

Untuk hukum kekekalan massa, Lavoisier menemukan bahwa senyawa kimia memiliki massa zat yang sama antara sebelum dan sesudah bereaksi. Berbeda dengan hukum perbandingan tetap, dimana Proust telah menguji coba pada air dan hydrogen dan menyimpulkan bahwa perbandingan Massa unsure untuk setiap senyawa adalah tetap. Sedangkan hukum kelipatan berganda memiliki pengertian bahwa dua jenis unsure yang digabung membentuk lebih satu senyawa, dan apabila ada perbedaan antara perbandingan massa unsure senyawa tersebut, maka hasilnya adalah bilangan sederhana.

Baca Juga: Pengertian Hukum Lenz

Dan terakhir pada hukum Gay-Lussac memiliki pengertian bahwa pada suhu serta tekanan yang sama, volume gas yang bereaksi dan telah bereaksi memiliki perbandingan bilangan bulat dan sederhana. Demikianlah beberapa pengertian hukum dasar kimia yang terdiri dari beberapa hukum kimia. Bagaimana? Apakah kamu mengerti sekarang? Belajar ilmu kimia itu menyenangkan kok, karena disekitar kita selalu ada sains.