Pengertian Hukum dan Sistem Hukum

1211 views

Pengertian Hukum dan Sistem Hukum Bagi Warga Negara

Anda sedang mempelajari tentang hukum beserta sistemnya? Ada baiknya Anda mengetahui mengenai pengertian hukum dan sistem hukum yang akan membuat Anda menjadi lebih mengerti akan hukum itu sendiri. Ada banyak pengertian hukum menurut berbagai ahli yang bisa Anda pelajari melalui beberapa sumber. Bahkan di era yang canggih kini, Anda bisa mencari pengertian dari hukum beserta sistemnya hanya berdasarkan kata kunci yang Anda ketikkan di pencarian internet. Akan tetapi, lebih baik jika Anda membaca buku sebagai sumber pengetahuan Anda.

pengertian hukum dan sistem hukum

Pengertian hukum menurut para ahli di antaranya adalah yang dinyatakan oleh Max Weber bahwa hukum merupakan kompleksitas dari sebuah kondisi faktual di mana kondisi tersebut telah ditentukan oleh tindakan manusia. Sedangkan menurut etimologinya hukum itu sendiri merupakan bimbingan atau mengatur atau mengumpulkan. Maka dari itu, hukum bisa didefinisikan sebagai sebuah petunjuk hidup masyarakat yang bertujuan untuk melindungi kepentingan manusia itu sendiri yang sifatnya sendiri bersifat memaksa atau perintah. Pengertian hukum dan sistem hukum ini penting diketahui untuk mengetahui hak manusia di mata negara.

Sedangkan sistem hukum merupakan sebuah susunan dari aturan hidup yang saling berkaitan atau berhubungan satu dengan lainnya. Bahkan menurut Friedman, bahwa sistem hukum merupakan sebuah sistem di mana di dalamnya terdapat substansi, kemudian hukum, serta budaya hukum. Pengertian hukum dan sistem hukum ini penting untuk dipelajari, sebagai sumber pengetahuan dari hak dan kewajiban masyarakat sesuai dengan aturan pemerintah.