Pengertian Hukum dan Norma

1171 views

Pengertian Hukum dan Norma Serta Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Pengertian hukum dan norma saling berkaitan. Keduanya sering dianggap sebagai satu kesatuan, karena sama-sama memiliki peran penting dalam mengatur tatanan hidup manusia dalam konteks kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Hukum adalah salah satu bagian dari norma. Sistem norma di masyarakat setidak-tidaknya terdiri dari beberapa norma berikut ini, antara lain norma agama, norma moral, norma etika, dan terakhir adalah norma hukum.

pengertian hukum dan norma

Norma hukum ini merupakan aturan sosial yang dibentuk oleh lembaga tertentu, sebagai contoh adalah pemerintah, yang dengan tegas bisa memaksa orang untuk bersikap dan berperilaku sesuai aturan. Norma hukum biasanya aturannya tertulis dan bersifat mengikat memaksa dan mengikat semua orang, mempunyai alat penegak hukum serta memiliki sanksi yang berat. Sedangkan norma sosial aturannya tidak pasti, dibentuk oleh masyarakat, sifatnya tidak memaksa, serta sanksinya tidak berat.

Berdasarkan pengertian hukum dan norma, berikut ini adalah contoh penerapan hukum dan norma sosial yang berlaku di masyarakat. Contoh dari hukum norma adalah setiap penduduk berumur 17 tahun ke atas harus memiliki KTP. Saat mengendarai sepeda bermotor harus memakai helm, dan lain sebagainya. Sedangkan contoh norma agama adalah menjauhi minuman keras, menjauhi berzina, menjauhi perjudian dan lain sebagainya. Contoh dari norma etika yaitu mengucapkan salam saat bertamu, menghormati orang yang lebih tua, dan lainnya. Demikianlah beberapa contoh dari norma yang berlaku di masyarakat. Semoga bermanfaat.