Pengertian Hukum Dan Keadilan

935 views

Pengertian Hukum dan Keadilan Serta Hubungannya

Antara pengertian hukum dan keadilan adalah sebuah hal yang tidak bisa dipisahkan. Untuk terciptanya sebuah hukum yang baik tentu diperlukan sebuah keadilan. Pengertian hukum secara umum adalah sebuah tatanan peraturan dan norma yang menyangkut kehidupan manusia. Hukum ini bersifat mengikat dan bisa memberikan sangsi bagi para pelanggar hukum. Dengan demikian hukum adalah sebuah hal yang sangat penting. Oleh sebab itu diperlukan sebuah keadilan agar tercipta hukum yang tegak.

pengertian hukum dan keadilan

Untuk membuat sebuah keadilan hukum tentu diperlukan sebuah komitmen bagi setiap penegak hukumnya. Dengan penegak hukum yang serius dalam menegakkan umum akan membuat seluruh tujuan yang ada dalam pengertian hukum dan keadilan bisa terwujud. Jika keadilan hukum ini sudah bisa terwujud tentunya bisa membuat masyarakat menjadi lebih taat hukum. Selain itu, perpecahan juga tidak akan muncul karena penegakan hukum yang tidak adil. Jika masyarakat merasa tentram dengan tegaknya hukum yang adil tentu akan membuat kehidupan bernegara semakin tentram.

Hubungan antara hukum dan keadilan memang tidak bisa dipisahkan. Jika keadilan bisa ditegakkan dengan baik tentu juga bisa membuat hukum itu sendiri bisa ditegakkan dengan baik. Selain itu jika hukum telah bisa dilaksanakan dengan seadil-adilnya akan membuat masyarakat menjadi lebih puas akan kinerja aparat penegak hukum. Jika keadilan dalam bidang hukum belum bisa ditegakkan tentu bisa berakibat pada kekacauan negara. Nah, itulah pembahasan mengenai pengertian hukum dan keadilan semoga bermanfaat. Jadilah orang yang selalu taat hukum agar kehidupan bernegara menjadi lebih aman.