Pengertian Hukum dan Ham Dalam Negara

1567 views

Pengertian hukum dan HAM harus kita pahami supaya kita mampu membela diri dengan asas-asas hukum saat terjadi tindak pidana. Hak asasi manusia adalah hak yang dimiliki manusia yang telah diperoleh dan dibawanya bersamaan dengan kelahiran atau kehadirannya dalam kehidupan masyarakat. Hal yang menentukan martabat manusia adalah hak-hak dasar yang dimiliki manusia. Oleh sebab itu, melanggar HAM (Hak Asasi Manusia) itu berarti sama saja dengan merendahkan harkat dan martabat manusia. Jika tidak ada hukum HAM dalam suatu Negara maka manusia hanya akan menjadi seseorang yang tidak ada harganya dan dapat diperlakukan dengan semena-mena oleh para penguasa.

pengertian hukum dan ham

Asas hukum dan HAM ini seringkali terabaikan oleh pemerintah. Padahal seharusnya pemerintah justru lebih memperhatikan aspirasi-aspirasi rakyatnya. Karena dengan rakyat yang semakin tertampung aspirasinya maka akan semakin maju juga Negara dan pemerintahannya. Namun banyak dari para petinggi dan para pejabat yang kurang memperhatikan hal itu. Dan sekarang ini banyak sekali hak asasi yang terlanggar dan itu sangat merugikan korban yang dirampas hak asasinya. Seperti misalnya penculikan, pembunuhan, dan yang kini kian marak dan seakan tanpa ada penyelesaiannya adalah kasus perdagangan manusia.

Pengertian Hukum dan Ham yang Diharapkan

Pengertian hukum dan HAM sebenarnya lebih mengacu kepada kebebasan untuk berbicara dan berpendapat karena tentunya setiap orang memiliki gagasan masing-masing dan memiliki keluhan yang berbeda pada setiap orang sehingga diperlukan sarana untuk menghimpun semua pendapat ini, kebebasan untuk memilih agama sesuai dengan keyakinan masing-masing individu, kebebasan dari ancaman-ancaman yang mampu membahayakan diri individu atau bebas dari segala ketakutan, dan yang terakhir adalah kebebasan dari kemiskinan, sehingga diharapkan pemerintah lebih memperhatikan lagi tumbuh kembang ekonomi dalam seluruh lapisan masyarakat supaya terjadi kesamarataan.

Jika empat aspek kebebasan tersebut telah dapat diterapkan dengan baik sudah pasti seluruh lapisan masyarakat hidup rukun dan tanpa adanya kesenjangan sosial. Dengan begitu Negara ini akan banyak sekali mengalami perkembangan. Baik di sektor ekonomi, pendidikan dan budaya. Jika sektor-sektor tersebut semakin berkembang maka tak pelak itu juga akan sangat mengembangkan kualitas sumber daya manusia. Sehingga itu akan sangat mengurangi jumlah pengangguran yang ada di negeri kita ini. Maka dari itu sebaiknya pihak pemerintah lebih memahami makna dan tujuan hukum dan HAM.

Dengan pemahaman yang baik akan pengertian hukum dan HAM maka akan semakin banyak manusia yang semakin berkembang dengan positif. Dan dengan kualitas manusia yang semakin berkembang kebebasannya akan sangat memperlihatkan bahwa Negara kita menjunjung tinggi martabat dan hak asasi manusia. Namun untuk saat ini kita masih harus berjuang banyak untuk dapat menegakkan asas hukum dan HAM tersebut.