Pengertian Hukum dan Contohnya

3211 views

Pengertian Hukum dan Contohnya di Indonesia

Pengertian hukum dan contohnya akan memberikan sedikit gambaran kepada Anda mengenai apa itu hukum yang sebenarnya dan bagaimana contohnya. Sebagai warga negara yang baik tentu saja Anda harus mengetahui apa makna sebenarnya hukum itu, walaupun sampai sekarang ini masih ada perdebatan yang panjang mengenai arti dari hukum itu sendiri dari berbagai ahli hukum. Memang banyak sekali ahli hukum baik dari luar negeri ataupun dalam negeri yang mengartikan apa itu hukum tapi masih ada juga yang banyak tidak setuju dengan pendapat satu sama lain.

pengertian hukum dan contohnya

Pengertian hukum secara umum merupakan seperangkat norma yang mengatur kehidupan masyarakat dalam sebuah lembaga atau negara yang jika dilanggar maka akan mendapatkan sanksi. Terlepas dari pengertian hukum dan contohnya menurut para ahli, secara umum hukum mempunyai tujuan untuk mewujudkan ketertiban dan juga ketenteraman di muka bumi ini. Dari segala bentuk hukum tentu saja semuanya sudah disepakati dan mempunyai sanksi yang cukup tegas. Di Indonesia sendiri ada dua jenis hukum, yaitu hukum privat dan juga hukum publik.

Yang pertama adalah hukum privat, pengertian hukum dan contohnya dari hukum privat ini adalah hukum yang mengatur dalam lingkup kecil atau hukum sipil, misalnya saja hukum perdata, hukum dagang, dan hukum lainnya yang sejenis. Sedangkan hukum publik yaitu hukum yang mengatur mengenai kepentingan publik, misalnya saja hukum tata negara, hukum internasional, hukum pidana, dan hukum lainnya yang bersifat publik dan skalanya internasional atau meluas.