Pengertian Hukum dan Bisnis

744 views

Pengertian Hukum dan Bisnis Yang Perlu Dipahami

Di dalam suatu masyarakat atau lingkungan dan komunitas terdapat suatu hukum yang menjadikannya sebagai kontrol diri atas tindakan kejahatan tertentu yang tidak diinginkan. Pengertian hukum dan bisnis adalah suatu hal yang menyangkut hukum ekonomi. Hukum adalah sistem yang penting dalam kelembagaan untuk mengendalikan penyalahgunaan kekuasaan pada bidang-bidang tertentu misalnya politik, ekonomi, dan lainnya. Hukum sangat penting dilakukan agar terdapat keteraturan sosial, untuk meminimalisir kejahatan yang terjadi.

pengertian hukum dan bisnis

Adapun dari segi ekonomi pengertian hukum bisnis adalah serangkaian perangkat yang digunakan untuk mengatur pelaksanaan kegiatan di dalam suatu bisnis, bisa bisnis dalam bidang industri, perdagangan, bidang jasa, keuangan, dan masih banyak bidang bisnis lainnya. Bisnis itu sendiri dikaitkan dengan suatu lembaga yang menjual barang atau jasa untuk mendapatkan keuntungan. Para pebisnis melakukan aktivitasnya untuk mendapatkan penghasilan, memenuhi kebutuhan hidupnya, memenuhi kepuasan hidup, dan tentunya mencari keuntungan.

Pengertian hukum dan bisnis awalnya berdiri sendiri, terdapat istilah hukum sendiri dan istilah bisnis sendiri. Tetapi karena di dalam dunia bisnis tentunya membutuhkan kontrol yang baik bagi para pelakunya, maka muncullah hukum bisnis. Para pebisnis membutuhkan kepastian di dalam bidang yang mereka geluti, oleh sebab itu muncullah hukum bisnis. Para pebisnis selalu berhubungan dengan pihak lain atau dengan pebisnis lain, maka dibutuhkan aturan yang mengikat diantara keduanya agar terjalin iklim kerja yang kondusif dan tepat sasaran.