Pengertian Hukum Dagang Yang Lengkap

7159 views

Sebelum dijabarkan tentang pengertian hukum dagang, terlebih dahulu kita mengetahui tentang pengertian dagang atau perdagangan. Dagang atau perdagangan ialah pekerjaan atau kegiatan membeli barang dari pelaku bisnis di suatu tempat pada suatu waktu dengan maksud memperoleh keuntungan.

pengertian hukum dagang

Pengertian Hukum Dagang Menurut Para Ahli

Pengertian hukum dagang itu sendiri berbeda-beda menurut para ahli. Berikut beberapa pengertian hukum dagang menurut para ahli:

  • Subekti

Hukum dagang adalah hukum yang mengatur hubungan khusus (privat) antar sebagian orang dari suatu badan hukum dengan anggota masyarakat.

  • Fockema Andreae

ia mengatakan bahwa hukum dagang merupakan seluruh aturan hukum terkait perusahaan dalam praktik perdagangan, di mana telah diatur oleh KUHD serta undang-undang lain. Di Belanda, hukum perdata dan hukum dagang dijadikan satu buku, yaitu BW baru Belanda (Buku II)

  • Achmad Ichsan

Ia mengemukakan bahwa hukum dagang ialah suatu hukum yang mengurusi atau mengatur persoalan dalam perdagangan atau soal-soal yang timbul akibat tingkah laku manusia dalam praktik perdagangan.

  • Sri Rejeki Hartono

Ia berpendapat bahwa hukum dagang merupakan bagian dari hukum perdata dalam artian luas atau pada umumnnya.

  • Soekardono

Hukum dagang pada umumnya ialah bagian dari hukum perdata, yang mengatur perikatan dan perjanjian yang telah diatur dalam buku III BW (Burgerlijke Wetboek). Dengan kata lain, hukum dagang merupakan himpunan peraturan yang mengatur hubungan dagang seseorang dengan orang lain.

Dari beberapa pengertian menurut para ahli di atas, maka dapat diambil kesimpulan pengertian hukum dagang ialah aturan-aturan dalam hukum yang mengatur hubungan seseorang dengan orang lain, atau suatu kelompok usaha dengan kelompok lain, terutama dalam perniagaan.

Selain mengatur tentang perdagangan atau perniagaan yang berada di suatu Negara, ada juga hukum dagang yang mengatur perdagangan antar Negara atau sering disebut sebagai hukum dagang internasional.

Pengertian Hukum Dagang Internasional

Para ahli sendiri memberikan pengertian hukum dagang internasional yang berbeda-beda, tetapi semua pengertian tersebut memiliki makna yang hampir sama.

  1. Hercules Booysen

Menurutnya hukum dagang internasional merupakan cabang dari hukum internasional yang berisi aturan-aturan terhadap perdagangan internasional berupa barang dan jasa serta perlindungan hak Negara atas kekayaan intelektual.

  1. Rafiqul Islam

Hukum dagang internasional ialah suatu kumpulan norma, aturan, praktik dan prinsip yang menciptakan suatu pengaturan untuk transaksi perdagangan internasional dengan sistem pembayarannya, yang memberikan dampak terhadap perilaku dalam lembaga-lembaga perdagangan.

  1. Schmitthoff

Hukum dagang internasional menurut Schmitthoff adalah sekumpulan aturan atau hukum yang mengatur hubungan komersial antar Negara yang bersifat hukum perdata serta mengatur transaksi-transaksi antar Negara.

Dari beberapa pengertian menurut pendapat para ahli di atas, disimpulkan bahwa hukum dagang internasional adalah sekumpulan aturan yang mengatur hubungan perdagangan antar Negara atau internasional yang bersifat komersial, serta merupakan bagian dari hukum perdata dan hukum internasional dengan memberikan pengaruh langsung terhadap perdagangan internasional.