Pengertian Hukum Bisnis Serta Fungsinya

5353 views

Kita hidup dikelilingi oleh berbagai peraturan, dengan tujuan mengatur tata cara kehidupan yang sesuai dengan jaman dan kondisi. Peraturan-peraturan tersebut mencakup semua aspek kehidupan bermasyarakat, termasuk dalam dunia bisnis. Aturan-aturan dalam dunia bisnis disebut sebagai hukum bisnis. Sebelum mengetahui tentang pengertian hukum bisnis secara umum, perlu diketahui terlebih dahulu definisi hukum dan bisnis.

pengertian hukum bisnis

Hukum adalah penetapan aturan atau norma terhadap sesuatu yang diperintahkan atau yang dilarang. Sedangkan bisnis adalah kegiatan usaha yang terorganisir untuk menghasilkan atau menjual barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat serta mendapatkan keuntungan dari usaha tersebut.

Dari definisi hukum dan bisnis tersebut dapat diperoleh pengertian hukum bisnis, yaitu suatu kaidah hukum atau aturan yang dijadikan pedoman dalam melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan bisnis.

Dalam menetapkan pengertian tersebut, para ahli mempunyai pendapat yang berbeda-beda. Meskipun pendapat dari para ahli tentang pengertian hukum bisnis tidak sama, tetapi inti dari pengertian tersebut tetaplah sama.

Pengertian Hukum Bisnis Menurut Para Ahli

Berikut beberapa pengertian hukum bisnis menurut para ahli, di antaranya:

  1. Menurut Dr. Johannes Ibrahim, SH, M.Hum, hukum bisnis adalah seperangkat kaidah hukum atau aturan yang diadakan guna mengatur dan menyelesaikan berbagai persoalan dalam aktivitas antara manusia, terutama dalam bidang perdagangan.
  2. Menurut Munir Fuady, hukum bisnis adalah suatu kaidah hukum yang mengatur tata cara dalam pelaksanaan kegiatan dagang, industri, serta keuangan, dihubungkan dengan produksi juga pertukaran barang dan jasa dalam resiko serta usaha tertentu guna mendapatkan keuntungan.
  3. Menurut Abdul Saliman dkk, hukum bisnis adalah seluruh peraturan-peraturan hukum, baik tertulis maupun tidak tertulis, yang mengatur hak dan kewajiban dari perikatan-perikatan maupun perjanjian-perjanjian yang terjadi dalam kegiatan bisnis.

Pengertian hukum bisnis tersebut, belum mencakup pandangan dari semua ahli atau pakar bisnis. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, meskipun tiap pakar mempunyai pengertian yang berbeda, tapi inti dari maknanya adalah sama.

Adapun fungsi hukum bisnis yaitu:

  1. Sebagai sumber informasi bagi praktisi bisnis.
  2. Guna memahami kewajiban dan hak-hak dalam berbisnis.
  3. Agar terwujud sifat berbisnis yang adil, sehat, wajar dan dinamis.

Selain hukum bisnis yang biasa kita kenal, ada juga yang disebut sebagai hukum bisnis internasional. Pengertian hukum bisnis internasional adalah hukum yang mengatur transaksi atau kegiatan bisnis secara internasional atau antar Negara.

Adapun istilah lain yang hampir mirip dengan hukum bisnis yaitu, hukum ekonomi (economic law), hukum perniagaan (commercial law) dan hukum dagang (trade law). Meskipun istilah tersebut mirip, namun pengertian dan cakupannya tetaplah berbeda dengan hukum bisnis. Hukum bisnis pengertiannya lebih luas, sedangkan hukum ekonomi, perniagaan dan dagang lebih sempit, karena hanya melingkup pada topik-topik tertentu.