Pengertian Hukum Bisnis Menurut Para Ahli

2360 views

Pengertian Hukum Bisnis Menurut Para Ahli Serta Fungsinya

Pengertian hukum bisnis menurut para ahli cukup beragam. Bagi Anda yang sedang mencari tahu mengenai pengertian hukum bisnis, Anda dapat menyimak ulasan lebih lanjut berikut ini. Bisnis juga memiliki hukum untuk mengatur berbagai hal yang berhubungan dengan dunia bisnis. Hidup memang dikelilingi oleh aturan ataupun hukum. Jika hidup tanpa aturan maka semua orang akan melakukan berbagai hal yang diinginkan tanpa memikirkan orang lain. Oleh sebab itu, hukum memang memiliki distribusi yang sangat besar dalam kedamaian dunia. Begitu juga dalam dunia bisnis, hukum juga sangat diperlukan.

pengertian hukum bisnis menurut para ahli

Mengenai pengertian hukum bisnis menurut para ahli, memang tidak sedikit. Beberapa diantaranya yaitu pengertian hukum bisnis menurut Munir Fuady dan juga Dr. Johannes Ibrahim, SH, M. Hum. Menurut Munir Fuady, hukum bisnis adalah kaidah hukum yang berupaya untuk menegakkan aturan dan tata cara dalam pelaksanaan kegiatan dagang, industri dan juga keuangan. Semua aspek tersebut berhubungan dengan pertukaran atau produksi barang ataupun jasa. Usaha yang dilakukan bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. Itulah definisi hukum bisnis menurut ahli yaitu Munir Fuady.

Sedangkan menurut Dr. Johannes Ibrahim, hukum bisnis adalah serangkaian kaidah atau aturan yang mengatur dan juga menyelesaikan persoalan dalam kehidupan manusia. Terutama untuk aktivitas perdagangan yang tentunya tidak terlepas dari konflik. Berbicara mengenai pengertian hukum bisnis menurut para ahli, hal ini tentu penting untuk Anda ketahui. Bisnis merupakan hal yang sangat erat kaitannya dengan kehidupan manusia. Setiap orang memiliki usaha atau bisnis sendiri sebagai upaya untuk menghasilkan keuntungan yaitu berupa uang.

Definisi hukum bisnis menurut para ahli yang telah disebutkan tersebut semoga dapat bermanfaat. Untuk fungsinya sendiri, hukum bisnis ini dapat memberikan petunjuk bagi Anda mengenai dunia bisnis. Yaitu mulai dari hak-hak yang Anda peroleh serta kewajiban yang harus Anda lakukan. Hal ini penting dilakukan demi mendapatkan keadilan dalam aktivitas dagang. Dengan adanya hukum bisnis ini maka aktivitas perdagangan menjadi wajar, lebih sehat dan juga dinamis. Jika terdapat konflik yang menyebabkan keributan atau salah satu pihak rugi maka hal tersebut dapat diselesaikan dengan hukum bisnis. Sekian mengenai pengertian hukum bisnis menurut para ahli yang dapat Anda ketahui.