Pengertian Hukum Barat

2402 views

Pengertian Hukum Barat dan Pengaruhnya Terhadap Hukum di Indonesia

Mempelajari hukum memang tidak akan pernah ada habisnya, terlebih lagi jika meneliti perkembangan hukum Indonesia. Tidak dipungkiri bahwa pengertian hukum barat telah menjadi bagian dari hukum di Indonesia. Hukum yang berlaku sampai saat ini merupakan warisan dari hukum peninggalan Hindia Belanda. Kita tahu sendiri bahwa Belanda menjajah negeri ini selama 350 tahun. Rentang waktu yang sangat lama ini telah menghasilkan pemerintahan kolonial yang mengikat warga negara untuk taat terhadap hukum. Sayangnya, setelah proklamasi kemerdekaan sampai sekarang hukum tersebut tidak mengalami perubahan signifikan, terutama pada KUHP dan KUHAP.

pengertian hukum barat

Pengertian hukum pidana di Indonesia maupun perdata serta isi pasal demi pasal masih menggunakan acuan peninggalan zaman Hindia Belanda. Sehingga banyak permasalahan hukum yang baru tetapi masih menggunakan pasal lama. Bahkan, terkadang ada pasal yang sebenarnya tidak mengikat tetapi dijadikan patokan hukum. Dari sisi inilah sebenarnya memungkinkan adanya yurisprudensi hukum yang baru demi kemajuan hukum di Indonesia. Pengertian hukum barat yang sudah ada sejak zaman penjajahan bisa digantikan dengan keputusan-keputusan hakim yang pernah ada terkait kasus yang hampir sama.

Selain menggunakan pintu yurisprudensi hukum di Indonesia, hukum di Indonesia juga bisa diperbarui lagi berdasarkan amandemen UUD 1945. Melalui cara inilah kita bisa memiliki peluang membuat undang-undang yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Hukum yang bisa melindungi setiap warganya, mengambil inspirasi dari berbagai sumber pengertian hukum adat, hukum Islam dan sedikit dari hukum barat. Demikianlah sedikit ulasan tentang pengertian hukum barat terhadap perkembangan hukum di Indonesia.