Pengertian Hukum Bacaan Qalqalah

3297 views

Pengertian Hukum Bacaan Qalqalah Dalam Ilmu Tajwid

Pengertian hukum bacaan qalqalah dalam ilmu tajwid perlu Anda ketahui apabila ingin sempurna dalam membaca ayat al-Qur’an. Serta untuk mengingat kembali hukum bacaan tajwid jika kita pernah mempelajarinya dulu. Pengertian qalqalah secara bahasa adalah getaran atau gerak suara memantul dalam membaca ayat. Sedangkan secara istilah pengertian qalqalah adalah lebih dalam membaca salah satu makhraj. Hukum ini berlaku apabila ada salah satu huruf qalqalah yang mati sukun atau dihentikan karena waqaf. Sedangkan huruf yang termasuk qalqalah adalah huruf Tha, Qaf, Kaf, dal, Jim, Ba. Selanjutnya qalqalah dibagi menjadi beberapa bagian seperti berikut:

pengertian hukum bacaan qalqalah

Qalqalah Sughra

Secara bahasa sughra adalah kecil, sedangkan pengertian hukum bacaan qalqalah sughra jika ada huruf qalqalah yang mati di sukun pada bagian kata asalnya. Biasanya qalqalah sughra terjadi di bagian tengah kata. Cara membaca qalqalah sughra ini dipantulkan tidak secara kuat. Contoh bacaan ini misalnya adalah yathma’uun, huruf tha ditengah kata itu dipantulkan secara pelan.

Qalqalah kubra

Qalqalah kubra atau besar adalah membaca secara pantul yang mati pada huruf qalqalah bukan pada asalnya. Qalqalah ini terjadi pada bagian akhir kata, sehingga membaca qalqalah atau memantul hurufnya lebih jelas. Contohnya adalah Minsyarrimaakhalaq, huruf qaf diterakhir kata harus dibaca pantul dan jelas.

Itulah 2 jenis qalqalah yang wajib Anda ketahui dalam ilmu tajwid supaya membacanya lebih sempurna. Semoga pengertian hukum bacaan qalqalah dan contoh diatas bermanfaat dan meningkatkan kualitas membaca ayat suci al-Qur’an karena merupakan bagian dari amal ibadah.