Pengertian Hukum Antar Golongan

2314 views

Pengertian Hukum Antar Golongan Secara Rinci

Kali ini kita akan membahas mengenai hukum antar golongan. Ada yang pernah mendengar mengenai hukum tersebut sebelumnya? Baiklah kami akan memberikan pengertian dan penjelasan dari hukum antar golongan. Pengertian hukum antar golongan adalah sebuah hukum yang mengatur antara dua orang atau lebih golongan yang masing-masing diantaranya menganut hukum yang berbeda. Di dalam hukum ini terdapat beberapa unsur yang menjadi titik pertalian primer dalam hukum tersebut. Yuk, cari tahu apa saja titik pertalian primer yang digunakan.

pengertian hukum antar golongan

Yang pertama adalah pihak atau subyek hukum yang memiliki pemahaman akan hukum yang berbeda. Selanjutnya adalah status hukum yang bermasalah seperti dua orang dengan warga negara Indonesia memiliki sebidang tanah dengan hukum eigendom. Selanjutnya adalah pilihan hukum yang akan digunakan karena pihak yang berselisih menggunakan hukum yang berbeda. Sebagai contoh adalah dua orang dengan kewarganegaraan Indonesia membeli sebidang tanah dimana salah satu diantaranya menganut paham hukum negara lain. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka lahirlah hukum antar golongan yang mengatur permasalahan antara dua orang atau lebih golongan yang memiliki keyakinan hukum yang berbeda.

Bagaimana? Apakah anda sudah paham mengenai pengertian hukum antar golongan dan beberapa talian inti yang menghubungkan untuk penyelesaian permasalahannya. Hukum antar golongan ini memberi sebuah kejelasan mengenai hukum yang berlaku apabila ada hubungan antar warga negara yang berada dalam satu tempat, atau satu negara dan bisa juga dalam satu waktu yang menunjukkan hubungan dengan kaidah hukum yang berbeda.