Pengertian Hukum Agraria Yang Perlu Diketahui

5021 views

Ketika mendengar istilah agraria, kita akan langsung berpikir soal tanah, karena memang istilah agraria ini identik dengan tanah. Begitupun dengan hukum agraria. Hukum agraria juga mengatur persoalan tentang tanah berdasarkan peraturan yang telah disepakati. Jadi, tidak salah jika ada yang menyebutkan hukum agraria sebagai hukum tanah.

pengertian hukum agraria

Agraria berasal dari bahasa latin ager yang artinya tanah atau sebidang tanah. Dalam bahasa latin, agrarius berarti perladangan atau persawahan, bisa juga pertanian. Dalam kamus besar Bahasa Indonesia, agraria berarti tanah pertanian atau urusan pertanahan, bisa juga urusan pemilikan atas tanah.

Pengertian hukum agraria dalam arti sempit merupakan bagian dari hukum agraria dalam arti luas, yatu hukum yang mengatur tentang tanah berupa permukaan atau kulit bumi atau pertanian. Sedangkan dalam arti luas, hukum agraria merupakan seluruh kaidah-kaidah hukum yang tertulis maupun tidak tertulis mengenai bumi dan air, juga ruang angkasa dalam batasan tertentu serta kekayaan alam yang ada di dalamnya. Pengertian hukum agraria dalam arti luas ini sesuai dengan UUPA (Undang-Undang Pokok Agraria).

Pengertian Hukum Agraria Menurut Para Ahli

Para ahli mempunyai rumusan yang berbeda dalam mengartikan hukum agraria. Berikut beberapa rumusan pengertian hukum agraria menurut para ahli:

  • L.G Lemaire: hukum agraria merupakan kelompok hukum yang bulat yang meliputi bagian hukum tata Negara maupun hukum privat dan hukum administrasi Negara.
  • Bachsan Mustofa: hukum agraria adalah himpunan hukum yang mengatur tugas pemeritah dalam bidang keagrariaan.
  • Soedikno Mertokusumo: hukum yang mengatur seluruh kaidah-kaidah hukum mengenai agrarian yang tertulis maupun tidak.
  • E. Utrecht SH: hukum yang memudahkan para pejabat administrasi dalam mengurus persoalan tentang agrarian.
  • Boedi Harsono: hukum agraria adalah satu kelompok dari berbagai bidang hukum, di mana masing-masing kelompok tersebut bertanggung jawab mengurus hak-hak atas sumber daya alam tertentu.
  • Tjitrosoedibio dan Soebekti: pengertian hukum agraria (agrarisch recht) merupakan seluruh ketentuan-ketentuan hukum, baik perdata, hukum tata usaha Negara, maupun hukum tata negara, yang mengatur hubungan antara badan hukum dengan air, bumi dan ruang angkasa di seluruh wilayah Negara, serta mengatur wewenang dari hubungan-hubungan tersebut.

Pengertian Hukum Agraria Nasional

Hukum agraria di atas didasarkan atas hukum barat. Di Indonesia ada juga hukum agraria yang hanya mengatur agraria di Negara Indonesia saja, yang dinamakan hukum agraria nasional. Pengertian hukum agraria nasional yaitu kaidah-kaidah hukum yang tertulis maupun tidak tertulis mengenai pengurusan fungsi air, bumi dan ruang angkasa demi kepentingan seluruh rakyat Indonesia, dengan bersandar pada unsur-unsur dalam hukum agama.

Dari pengertian hukum agraria dan hukum agraria nasional di atas, dapat dipahami bahwa hukum agraria mempunyai lingkup yang lebih luas, sedangkan hukum agraria nasional hanya melingkup agraria yang ada dalam Negara saja.