Pengertian Hukum Agama

4910 views

Pengertian Hukum Agama Secara Umum

Pengertian hukum agama yaitu hukum yang mengatur keseluruhan persoalan dalam kehidupan berdasarkan atas ketentuan agama tertentu. Di Indonesia sendiri, ada beberapa agama yang telah diakui. Jadi, hukum agama yang ada di Indonesia tergantung dari agama tersebut. Mengenai sistem atau cara pelaksanaannya biasanya akan terdapat pada kitab suci agama tersebut. Setiap agama biasanya memiliki kitab suci untuk mengatur persoalan-persoalan dalam agama tersebut. Contohnya saja agama Islam, kitab suci yang digunakan yaitu kitab suci Al-Qur’an.

pengertian hukum agama

Untuk pengertian hukum agama Islam sendiri yaitu hukum yang bersangkutan dengan persoalan mengenai ketentuan agama Islam secara menyeluruh. Baik mengenai kepercayaan ataupun perbuatan, semua diatur dalam hukum tersebut. Ketentuan agama Islam ini wajib untuk ditaati atau dituruti oleh semua umat Islam. Jika tidak, maka akan ada sanksi atau hukuman bagi para pelanggarnya. Jadi secara umum, pengertian hukum agama ini hampir sama dengan hukum lainnya. Hanya saja, hukum agama ini diatur berdasarkan ketentuan atau norma dari agama tersebut. Begitu mengenai hukuman atau sanksi yang diberikan, tergantung dari agama tersebut.

Bagi Anda yang sedang mencari pengertian hukum agama, dari uraian tersebut tentu Anda sudah dapat menarik kesimpulan. Agama sendiri merupakan prinsip atau sebuah kepercayaan kepada Tuhan. Jika seseorang tidak memiliki iman atau kepercayaan yang kuat maka dapat dikatakan bahwa orang tersebut telah melanggar norma atau hukum agama. Setiap agama mengharuskan umatnya untuk berbakti dan melakukan kewajibannya. Jika hal-hal tersebut dilanggar, maka hukum agama akan menjadi dasar dalam pemecahan persoalan tersebut.

Dari penjelasan tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa pengertian hukum agama adalah hukum yang berdasarkan agama tertentu. Aturan hukum tersebut dibuat secara mutlak dengan mengharuskan ketaatan bagi para penganutnya. Aturan tersebut tercantum pada kitab suci agama tersebut. Setiap agama memiliki aturan yang berbeda-beda, namun secara umum kebaktian dan ketaatan adalah hal yang selalu diajarkan. Manusia sendiri merupakan hamba kepada Tuhan atau Dewa yang diyakininya. Demikian yang dapat disampaikan mengenai pengertian hukum agama, semoga dapat memberikan manfaat kepada Anda semua.