Pengertian Hukum Administrasi Negara

2201 views

Hukum di Indonesia merupakan suatu sistem yang membatasi tingkah laku masyarakat (manusia) yang dibuat oleh lembaga pemerintahan yang sah guna menciptakan kehidupan bermasyarakat yang tentram. Hukum sendiri terbagi menjadi dua yaitu hukum privat dan hukum pidana. Di mana hukum publik merupakan hukum yang mengatur antara individu dengan masyarakat. Hukum publik sendiri terbagi menjadi dua yaitu hukum tata negara dan hukum administrasi negara. Pada kesempatan ini akan kita bahas mengenai pengertian hukum administrasi negara.

pengertian hukum administrasi negara

Definisi Hukum Administrasi Negara

Hukum administrasi negara ini dikenal sebagai state recht yang merupakan bahasa belanda, sedangkan negara Inggris menggunakan istilah constitutional law. Dalam hukum administrasi negara, Indonesia lebih berkaitan dengan istilah yang digunakan oleh Belanda, mengingat pemerintahan Belanda telah lama menerapkan sistem hukum sejak zaman penjajahan. Terdapat beberapa tokoh yang berpendapat mengenai hukum administrasi negara. Salah satunya adalah Longemann, yang menyebutkan jika hukum administrasi negara merupakan seperangkat norma-norma yang menguji hubungan hukum istimewa yang diadakan untuk memungkinkan para pejabat administrasi negara melakukan tugas mereka yang khusus.

Pengertian hukum administrasi negara juga didefinisikan oleh Da La Bascecoir Anan yang menyatakan bahwa hukum administrasi negara adalah himpunan peraturan-peraturan tertentu yang menjadi sebab negara berfungsi dan peraturan tersebut mengatur hubungan-hubungan antara warga negara dengan pemerintah. Sedangkan menurut J.P Hooykaas, hukum administrasi negara merupakan ketentuan-ketentuan mengenai campur tangan dan alat-alat perlengkapan negara dalam lingkungan swasta.

Dari dalam negeri, para tokoh juga mendefinisikan hukum administrasi negara. Di antaranya adalah Prajudi Atmosudirjo yang menyatakan bahwa hukum administrasi negara adalah hukum yang mengenai operasi dan pengendalian dari kekuasaan-kekuasaan administrasi atau pengawasan terhadap penguasa-penguasa administrasi. Berbeda dengan Bachsan Mustofa yang memberi arti pada hukum administrasi negara sebagai gabungan jabatan-jabatan yang dibentuk dan disusun dengan bertingkat yang diserahi tugas melakukan sebagian dari pekerjaan pemerintahan dalam arti luas yang tidak diserahkan pada badan-badan pembuat undang-undang dan badan-badan kehakiman. Berdasarkan Abdoel Djamali Hukum Administrasi negara ini merupakan peraturan hukum yang mengatur administrasi, di mana hubungan antar warga negara dengan pemerintah terjalin, sehingga negara bisa menjalankan perannya.

Pengertian hukum administrasi negara memang dapat diartikan berdasarkan pendapat masing-masing tokoh. Namun terlepas dari berbagai definisi para tokoh tersebut dapat dikatakan jika ruang lingkup hukum administrasi negara sangatlah luas dan memiliki berbagai macamnya. Objek dari hukum Administrasi negara adalah berupa masalah tentang organisasi negara di mana bertugas menjalankan sebuah negara. Dari beberapa arti hukum administrasi di atas dapat disimpulkan bahwa hukum administrasi negara merupakan hukum mengenai para eksekutif di dalam kedudukan, fungsi, tugas dan wewenangnya sebagai administrator sebuah negara. Itulah beberapa pengertian dari hukum administrasi negara semoga bermanfaat.