Pengertian Hukum Adalah

1478 views

Pengertian Hukum Adalah Aturan yang Bersifat Memaksa

Untuk Anda yang masih bingung mengenai pengertian hukum, simak dan baca uraian berikut. Pengertian hukum adalah sistem atau aturan yang terpenting pada pelaksanaannya. Pelaksanaan dari hukum ini berdasarkan atas suatu rangkaian kekuasaan dari kelembagaan. Hukum juga dapat didefinisikan sebagai aturan atau norma yang dibuat untuk mengatur tingkah laku manusia. Tujuan dari pengadaan hukum ini yaitu agar tingkah laku manusia lebih terbatas dan terjaga. Dengan begitu ketertiban dan keadilan dapat tercapai serta mencegah adanya kekacauan.

pengertian hukum adalah

Pengertian hukum adalah norma dalam kehidupan bermasyarakat. Hukum memiliki sanksi yang lebih tegas dibanding norma-norma lain yang ada di kehidupan masyarakat. Ada beberapa ahli yang mengungkapkan pendapatnya mengenai pengertian hukum. Salah satunya yaitu Achmad Ali, menurutnya definisi hukum adalah seperangkat aturan atau norma yang berisi mengenai benar atau salah. Hukum tersebut dibuat oleh pemerintah lalu dituangkan baik secara tertulis ataupun tidak tertulis dan dijalankan oleh semua masyarakat. Hukum ini memiliki sanksi yang akan dikenakan bagi para pelanggarnya.

Sedangkan menurut Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja, hukum merupakan keseluruhan dari kaidah dan asas yang mengatur dan menata pergaulan hidup bermasyarakat. Tujuan dari pengadaan hukum ini yaitu untuk memelihara ketertiban dan juga sebagai proses mewujudkan kaidah kenyataan bermasyarakat. Dari ulasan tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa hukum merupakan peraturan mengenai tingkah laku manusia dalam bermasyarakat. Peraturan tersebut dibuat oleh orang yang berwenang, bersifat memaksa (memiliki sanksi) dan juga tegas. Itulah garis besar mengenai pengertian hukum adalah aturan yang digunakan untuk mencapai keadilan.