Pengertian Hukum Acara

5448 views

Pengertian hukum acara atau hukum formal adalah suatu peraturan hukum mengenai tata cara bagaimana menjalankan dan mempertahankan peraturan hukum yang berwujud materil. Dapat dikatakan bahwa hukum acara sebagai alat penegak aturan hukum material, di mana aturan ini tidak membebankan tugas sosial kehidupan manusia.

pengertian hukum acara

Hukum acara dibagi menjadi dua, yaitu hukum acara pidana dan hukum acara perdata, dan pengertian keduanya tidak sama dengan pengertian hukum acara, karena hukum acara mempunyai ruang lingkup yang lebih luas. Berikut ini penjelasan tentang pengertian kedua hukum tersebut (hukum acara pidana dan hukum acara perdata).

Pengertian Hukum Acara Pidana

Menurut Prof. Mulyatno, beliau mengatakan bahwa hukum acara pidana (HAP) merupakan bagian dari keseluruhan hukum di suatu Negara. Dengan memberikan aturan-aturan dan dasar-dasar yang akan menentukan dengan prosedur dan cara macam apa, suatu perbuatan pidana dapat dilangsungkan/dilaksanakan jika ada dugaan bahwa orang tersebut telah melakukan perbuatan pidana.

Menurut Prof. Wirjono Prodjodikoro, menurut beliau hukum acara pidana adalah suatu peraturan yang mengatur bagaimana alat-alat perlengkapan pemerintah dalam melaksanakan tuntutan, memperoleh keputusan dari pengadilan, siapa yang melaksanakan keputusan pengadilan jika ada orang atau sekelompok orang melakukan perbuatan pidana.

Berdasarkan beberapa pengertian ahli di atas tentang hukum acara pidana, maka dapat disimpulkan pengertian hukum acara pidana yaitu seluruh ketentuan terkait dengan pelaksanaan peradilan pidana serta prosedur mengenai penyelesaian suatu perkara pidana, meliputi proses pelaporan lalu pengaduan hingga penyelidikan dan penyidikan, yang dilanjutkan penuntutan dan pemeriksaan dalam sidang pengadilan, hingga akhirnya keluarlah putusan pengadilan serta pelaksanaan putusan terhadap kasus pidana.

Pengertian Hukum Acara Perdata

Sedangkan yang dimaksud sebagai hukum acara perdata menurut Prof. Wirjono Prodjodikoro adalah suatu rangkaian peraturan tentang bagaimana orang harus bertindak di muka pengadilan dan bagaimana pengadilan harus bertindak antara satu dengan yang lainnya guna terlaksananya peraturan-peraturan hukum perdata.

Menurut Djamali, hukum acara perdata adalah hukum yang mengatur tentang cara mempertahankan dan menjalankan suatu peraturan hukum perdata material.

Hukum acara perdata menurut Daliyo adalah hukum yang mengatur hal-hal agar hukum perdata material dapat ditaati dengan perantara hakim. Lebih tegasnya lagi, ia mengatakan bahwa hukum acara perdata ialah hukum yang mengatur cara bagaimana mengajukan serta melaksanakan putusan hakim tersebut.

Dari pendapat-pendapat para ahli di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa pengertian hukum acara perdata ialah peraturan hukum yang mengatur cara bagaimana memelihara serta mempertahankan hukum perdata material, atau peraturan yang mengatur cara bagaimana mengajukan suatu perkara perdata di depan pengadilan perdata serta bagaimana hakim akan memberikan putusan.

Jadi dari pemaparan di atas, dapat dipahami bahwa pengertian hukum acara berbeda dengan pengertian dari hukum pidana dan perdata. Bisa dikatakan hukum acara sebagai induknya, sedangkan hukum pidana dan perdata adalah anaknya.