Pengertian Hukum Acara Pidana

1328 views

Membicarakan masalah hukum tentunya perlu dibutuhkan mengenai penjelasan yang lebih detail. Hukum merupakan aturan yang dibuat untuk mengatur dan mengontrol manusia agar tetap berada pada koridor hidup bermasyarakat yang seharusnya. Salah satu hukum di Indonesia adalah hukum acara pidana. Hukum ini diartikan sebagai seperangkat susunan yang merupakan tata cara aturan mengenai negara serta perantara alat-alat kekuasaan suatu negara dalam menggunakan haknya untuk memberi sanksi untuk memuat acara pidana. Untuk menambah pengetahuan Anda tentang hukum khususnya yaitu hukum acara pidana akan di bahas mengenai pengertian hukum acara pidana.

pengertian hukum acara pidana

Mendefnisikan Hukum Acara Pidana

Hukum pidana merupakan hukum yang mengatur perbuatan yang sebenarnya dilarang oleh peraturan pemerintah ataupun undang-undang, untuk itulah para pelaku pantas mendapatkan hukuman atas apa yang telah dilakukan. Tentunya terdapat unsur-unsur perbuatan yang telah ditetapkan seperti pada undang-undang pidana. Hukum acara pidana melarang perbuatan seperti pembunuhan, pencurian, penipuan, perampokan, penganiayaan, pemerkosaan, dan juga korupsi.

Terdapat beberapa ahli hukum yang telah mendefinisikan pengertian hukum acara pidana. Salah satunya adalah J. De Bosch Kemper yang mendefinisikan hukum acara pidana sebagai asas-asas dan peraturan undang-undang yang mengatur hak negara untuk melakukan hukuman bila undang-undang pidana telah dilanggar. Selain itu masih terdapat pendapat lain yaitu dari prof. Dr. Wirjono Prodjodikoro, S.H. yang mengartikan hukum acara pidana sebagai rangkaian peraturan yang memuat cara bagaimana badan-badan pemerintah (kepolisian, kejaksaan dan pengadilan) mempunyai wewenang untuk bertindak untuk mencapai tujuan negara dengan mengadakan hukum acara pidana.

Hukum acara pidana terdapat dasar dan juga aturan yang harus terpenuhi, di antaranya adalah dengan menentukan perbuatan mana yang boleh dilakukan, dilarang, dengan disertai ancaman ataupun sanksi yang akan diterima. Selain itu menentukan kapan dan dalam hal apa pelaku yang telah melanggar larangan akan dikenai hukuman atau dijatuhi pidana. Setelah itu unsur yang harus dipenuhi dalam hukum acara pidana adalah menentukan dengan cara bagaimana pelaku yang melanggar hukum dapat dilaksanakan apabila ada orang yang disangka telah melanggar larangan pidana.

Setelah membahas mengenai pengertian hukum acara pidana, selanjutnya akan di bahas mengenai klasifikasi hukum acara pidana. Di mana hukum acara pidana ini terbagi menjadi dua bagian. Yang pertama adalah hukum materil, yaitu cabang hukum pidana yang menentukan perbuatan-perbuatan kriminal yang dilarang oleh undang-undang, dan hukuman-hukuman yang ditetapkan bagi yang melakukannya. Cabang yang kedua adalah hukum formil yang merupakan ketentuan yang mengatur bagaimana cara agar hukum terwujud atau dapat diterapkan kepada subjek yang memenuhi perbuatannya. Dalam menegakkan hukum acara pidana ini perlu peran serta dari sejumlah praktisi hukum, polisi, jaksa, pengacara, dan juga hakim. Demikianlah ulasan mengenai hukum acara pidana, semoga menjadi tambahan ilmu hukum bagi Anda.