Pengertian Hukum Acara Perdata Menurut Para Sarjana

565 views

Pengertian Hukum Acara Perdata Menurut Para Sarjana Terkenal

Pengertian hukum acara perdata menurut para sarjana memang bisa jadi justru mengajukan konsep definisi yang cukup berputar-putar. Untuk yang belum terbiasa tentu saja Anda akan mendapat kesulitan untuk menyimpulkan maksud dari hukum acara perdata sendiri. Penjelasan definisi yang mudah dimengerti semua kalangan akan berbagai kajian hukum sebenarnya pula masuk dalam tanggung jawab para sarjana atau ahli hukum.

pengertian hukum acara perdata menurut para sarjana

Namun jika ternyata kita tidak menemukan hal ini, maka ada baiknya daripada menuntut, mari kita belajar bersama pengertian hukum acara perdata menurut para sarjana dengan penggunaan bahasa yang lebih mudah dicerna. Wiryono Projodikoro, seorang ahli hukum di Indonesia berpendapat bahwa hukum acara perdata adalah peraturan yang di dalamnya memuat cara dan bagaimana seorang bertindak di peradilan, juga tentang aturan bagaimana peradilan akan dan harus bertindak satu sama lain melaksanakan peradilan hukum perdata. Sementara itu Sudikno Mertokusumo berpendapat hampir sama namun membagi jenis hukum acara perdata sebagai yang bersifat formal di lembaga hukum dan hukum adat (hukum acara perdata dalam suatu adat).

Teman-teman, jangan pernah lupa untuk mengambil kata kunci dari sebuah pengertian agar tidak bercampur dengan pengertian istilah lain yang harus dihafal pula. Kata kunci untuk pengertian hukum acara perdata menurut para sarjana adalah kata-kata ‘acara perdata’ itu sendiri. Berbeda dengan pengertian hukum perdata, fokus hukum acara perdata tentu saja mencakup segala aturan atau hukum mengenai tata cara pengajuan acara atau gugatan hukum perdata di peradilan. Mudah, bukan? Dalam hukum pidana juga terdapat aturan mengenai pengajuan acara pidana yang kemudian disebut sebagai hukum acara pidana.