Pengertian Filsafat Hukum Menurut Para Ahli

2173 views

Pengertian Filsafat Hukum Menurut Para Ahli dan Ajaran Filsafat

Pengertian filsafat hukum menurut para ahli bisa saja berbeda, namun jika kita telaah masing-masing pendapat ini ternyata memiliki maksud dan tujuan yang hampir sama. Di Indonesia sendiri banyak para ahli yang pengertian filsafatnya sangat terkenal dan menjadi salah satu dasar dalam pembelajaran dalam bidang filsafat. Namun meskipun perbedaan pendapat pakar yang satu dengan yang lainnya terkadang tidak serupa, maksud yang terkandung di dalamnya ini tetap bisa dipahami dengan baik.

pengertian filsafat hukum menurut para ahli

Pengertian filsafat hukum menurut para ahli yang sering kita dengar dan sangat terkenal di Indonesia misalnya adalah pendapat yang dikemukakan oleh Soerjono Soekanto. Beliau adalah seorang guru besar Sosiologi Hukum Universitas Indonesia (1983) yang juga merupakan founding member dari World Association of Lawyer. Adapun menurut beliau pengertian filsafat hukum diartikan sebagai kegiatan perenungan nilai-nilai, penyerasian dan perumusan nilai-nilai yang berpasangan namun kadang bersitegang. Penjelasan filsafat hukum ini hingga kini menjadi acuan dalam ajaran filsafat.

Pengertian filsafat hukum menurut para ahli yang terkenal lainnya yaitu Kelsen, di sini beliau mengutarakan pendapat yang berbeda dengan Soerjono Soekanto. Di mana menurutnya filsafat hukum tersebut merupakan sebuah ilmu pengetahuan yang mencari hukum, di mana harus menemukan titik kebenaran dan keadilan. Karena pendapat para ahli ini sangat sarat dengan makna hukum yang memiliki banyak arti, maka ajaran filsafat bisa dikatakan termasuk pada ruang lingkupnya.