Pengertian Ekonomi Tradisional dan Modern

Sistem ekonomi terdiri dari beberapa bentuk dan bentuk sistem ekonomi yang tidak boleh dilupakan yaitu sistem ekonomi tradisional dan modern. Sebelum mengetahui kedua sistem ekonomi tersebut, akan sangat baik jika kita mempelajari pengertian ekonomi tradisional dan modern baru kemudian dilanjutkan dengan mempelajari ciri-ciri sistem ekonomi tradisional dan modern, kelebihan serta kekurangan sistem ekonomi tradisional dan modern, contoh sistem ekonomi tradisional maupun ekonomi modern termasuk pengertian ekonomi tradisional dan contohnya.

pengertian ekonomi tradisional

Pengertian Ekonomi Tradisional dan Contohnya

Ekonomi tradisional adalah salah satu cabang ilmu ekonomi yang mana sistem ekonominya dijalankan secara bersama-sama untuk kepentingan bersama. Dalam kegiatan ekonomi yang menggunakan sistem ekonomi tradisional, masyarakat itu sendirilah yang memenuhi segala hal yang diperlukan untuk kegiatan perekonomian. Sehingga mereka bertindak sebagai produsen dan konsumen, sementara pemerintah bertugas hanya sebatas memberikan perlindungan dalam bentuk pertahanan dan ketertiban umum. Adapun ciri-ciri dari sistem ekonomi tradisional yaitu belum adanya pembagian kerja yang jelas, ketergantungan pada sektor pertanian/agraris, adanya sifat kekeluargaan, dan teknologi produksi yang sederhana.

Sistem ekonomi tradisional tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangan. Diantara kelebihannya yaitu timbulnya rasa kekeluargaan, saling membutuhkan, gotong-royong antara individu yang satu dengan individu yang lainnya dalam pemenuhan kebutuhan dan sistem ini berlandaskan pada kejujuran dari pada mencari keuntungan. Sedangkan kelemahannya yaitu pola pikir masyarakat masih statis karena pengetahuan maupun keterampilan di daerah pedesaan masih minim dan hasil produksi terbatas hanya pada produksi alam dan tenaga kerja apa adanya.

Setelah mempelajari pengertian ekonomi tradisional dan modern, maka saatnya kita mempelajari seperti apakah sistem, ciri, kelebihan dan kekurangan dari sistem ekonomi modern. Ekonomi modern adalah salah satu cabang ilmu ekonomi yang fokus terhadap bagaimana masyarakat menentukan dan menggunakan sumber pengeluaran yang terbatas dalam upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat yang tidak terbatas. Adapun sistem ekonomi modern memiliki prinsip kemandirian dan pertumbuhan ekonomi modern dapat dilihat dari meningkatnya persediaan barang secara terus menerus dan pertumbuhan ekonomi yang dipengaruhi oleh kemajuan teknologi. Kedua bentuk sistem ekonomi tersebut masing-masing mempunyai kelebihan serta kekurangan, sehingga setiap negara dapat menentukan sistem ekonomi yang berbentuk seperti apa yang akan diterapkannya.

Pengertian ekonomi tradisional dan modern tak lepas dari pendapat para ahli dan sistem ekonomi tradisional dan sistem ekonomi modern dapat terlihat dengan jelas perbedaannya berdasarkan pengertian, ciri-ciri, kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh masing-masing bentuk ekonomi tersebut. Itulah sedikit penjelasan singkat mengenai perbedaan antara ekonomi tradisional dengan ekonomi modern dan berdasarkan penjelasan di atas, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa semakin berjalannya waktu maka teknologi pun semakin dominan sehingga sistem ekonomi yang marak digunakan adalah sistem ekonomi modern. Walhasil, sistem ekonomi yang sistemnya tradisional secara perlahan akan menghilang.