Pengertian Ekonomi Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Ekonomi adalah salah satu bidang ilmu yang membahas tentang cara atau tindakan seseorang dalam memenuhi kebutuhan hidupnya yang caranya sangat beragam melalui sumber daya yang ada berupa kegiatan produksi, konsumsi, dan distribusi. Adapun definisi atau pengertian ekonomi secara umum dan menurut para ahli beberapa diantaranya yaitu menurut Adam Smith, Mill J.S, Paul A. Samuelson dan Abraham Maslow.

Menurut Adam Smith, ekonomi adalah aktifitas penyelidikan suatu keadaan dan penyebab adanya kekayaan negara. Menurut Mill J.S, ekonomi adalah ilmu sains praktikal tentang pengeluaran serta penagihan. Menurut Paul A. Samuelson, ekonomi adalah cara yang dilakukan oleh manusia dengan kelompoknya untuk memanfaatkan sumber terbatas dalam memperoleh berbagai komoditi dan mendistribusikannya supaya dikonsumsi oleh masyarakat. Sedangkan menurut Abraham Maslow, ekonomi yaitu salah satu bidang yang mengkaji serta mencoba menyelesaikan masalah keperluan hidup lewat sumber ekonomi yang ada dengan berprinsip pada teori tertentu yang dianggap efektif dan efisien dalam sistem ekonomi. Disamping itu, terdapat juga pengertian ekonomi secara umum yaitu suatu bidang kajian terkait urusan sumber daya material individu, masyarakat dan negara untuk meningkatkan kesejahteraan hidup manusia.

pengertian ekonomi secara umum

Berbicara mengenai pengertian ekonomi secara umum dan menurut para ahli sangatlah panjang karena definisi atau pengertian tentang ekonomi tidak hanya dikemukakan oleh satu atau dua orang yang ahli dalam bidang ilmu ekonomi saja, melainkan lebih dari itu. Sehingga dalam mengkaji ilmu ekonomi dianggap cukup rumit apabila tidak memahami betul definisi atau pengertian ekonomi menurut para ahli ekonomi.

Pengertian Ekonomi Secara Umum dan Menurut Islam

Disamping menurut para ahli ekonomi, terdapat juga pengertian ekonomi secara umum dan menurut Islam, yang mana masing-masing pengertian ekonomi dari berbagai pandangan tersebut sangat berguna bagi setiap orang yang mempelajari ilmu ekonomi. Meskipun terdapat berbagai macam arti atau definisi mengenai ekonomi, akan tetapi pada dasarnya masing-masing pendapat memiliki maksud dan tujuan yang sama yaitu kegiatan atau usaha manusia untuk memenuhi keperluan hidupnya. Selain pengertiannya, pembagian ekonomi pun wajib dipelajari untuk menambah pemahaman dalam bidang ilmu ekonomi. Secara umum, ilmu ekonomi terbagi menjadi dua bagian yaitu ilmu ekonomi makro dan ilmu ekonomi mikro. Dari pembagian ilmu ekonomi tersebut, seseorang dapat membedakan ekonomi yang tergolong ke dalam golongan ekonomi makro maupun golongan ekonomi mikro.

Pengertian ekonomi secara umum dan menurut para ahli tidak seperti pengertian ekonomi dalam pandangan Islam yang lebih mengedepankan asas atau prinsip utamanya yaitu hak milik pribadi, bebas dalam mencari sumber pendapatan yang bertujuan menegakkan keadilan sosial dan ekonomi dalam kehidupan masyarakat serta menghapus kemiskinan. Dengan demikian, ekonomi Islam dianggap sebagai ilmu yang mempelajari perilaku ekonomi berdasarkan aturan agama Islam.